Belajar Tanpa Lelah

Pepatah mengatakan Belajarlah hingga sampai ke negeri Cina, ada juga pepatah mengatakan Belajarlah dari buaian hingga akhir hayat. 

Dengan Pepatah tersebut apakah yang bisa kita petik hikmahnya, bahwa kita harus senantiasa belajar dimana saja , tanpa ada batas waktu umur atau usia, tidak mengenal kasta, bahkan ilmu apapun yang kau pelajari, juga tidak terbatas.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, amat sangat pesat, menjadi hal yang mendukung untuk kita belajar kapan saja, dimana saja , dengan siapa saja bahkan belajar apapun. Google telah menjadi penyaji data terlengkap di era saat ini, apapun pertanyaanmu , tanyakan dengan "google" mesin pencari akan menemukan jawaban dari pertanyaan Anda.

Yang saya rasakan, jika mengerti sebuah ilmu dan semakin mendalaminya, semakin saya merasa kecil akan kekuasaan Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Berilmu. Pengalaman saya, jika mengikuti seminar atau webinar, dan nara sumbernya adalah seseorang yagn telah ahli, atau seperti halnya seorang profesor, maka beliau-beliau  tidak memiliki kesombongan apapun, bahkan amat sangat sopan dan menghargai kita-kita sebagai peserta yagn sedang belajar, bahkan kadang kita tidak mengetahui apapun. Di era sekarang, Para ilmuwan sudah sangat terbuka membagikan ilmunya lewat webinar-webinar, sungguh amat mulia sehingga dapat berkontribusi buat masyarakat dan ilmu pengetahuan.

Marilah terus belajar, tanpa ada kata lelah. Berbagilah ilmu , karena dengan berbagi maka akan bertambah ilmu yang kita miliki.  Teruslah memberikan jawaban atas permasalahan yang kita hadapi dengan belajar. 
Mungkin di era sekarang, para generasi muda sudah mulai meninggalan proses pembelajran dengan membaca buku, karena dengan bertanya dengan Google jawaban akan segera ditemukan, padahal proses membaca dengan mendapatkan jawaban saja ke Google , jauh daya serapnya. 

Beberapa kali pertanyaan ini saya berikan kepada mahasiswa, berapa buku yang sudah kalian beli? Berapa buku yang kalian baca? Apa jawaban mereka, buku diktat saja yang dipunyai, hanya satu atau 2 mata kuliah saja. Padahal belajar sesuatu pasti kita akan lebih mengerti dengan membaca, bukan dengan copy paste semata.

Mari belajar dan terus belajar, Membaca dan terus membaca. Bukankah di Agama Islam kita diajarkan untuk Membaca, ingatkah bahwa ayat yang pertama turun dalam Al Qur'an adalah IQRO yakni BACALAH.

Maka jika hikmah yang kita petik adalah jangan lelah untuk belajar , jangan merasa lelah untuk melakukan sesuatu untuk meningkatkan ilmu dalam diri kita. 

Salam Literasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5