Menulis bagi Seorang Pendidik

 

Saya bernama Ida Afriliana , saya seorang tenaga pendidik di Politeknik Harapan Bersama, Tegal, Jawa Tengah.

Saya memiliki hobi menulis dan saya ingin menyalurkan hobi ini untuk berbagi dengan para pembaca blog ini . 

Keinginan saya untuk membuat blog memang sudah lama tetapi baru sekarang terealisasi, bukan semata tanpa sebab. 

Beberapa hal mendorong terwujudnya blog ini antara lain faktor pandemik ini yang membuat semua orang melakukan perubahan kebiasaan baru, lebih sering menggunnakan teknologi dalam semua hal, maka menulis merupakan hal yang mungkin dilakukan karena kita membutuhkan transformasi informasi melalui media sosial. 

Motivasi yang lain adalah kegigihan para guru yang tergabung daam PGRI dan mengikuti program  Menulis bersama Prof. Eko Indrajit, bersama Om Jay (Bapak Wijaya Kusuma)  dan Penerbit Andi yang sangat luar biasa yakni membuat resume menjadi sebuah buku mandiri dan diterbitkan oleh penerbit. 

Hal ini menginspirasi saya untuk bisa menulis buku juga. Selama ini saya hanya menulis modul atau bahan ajar untuk mahasiswa saya yang saya ampu, dan setiap mata kuliah yang saya ampu pasti saya akan membuat bahan ajar atau handout versi saya, walaupun sumber pengajarannya dari dosen-dosen lain ataupun dari youtube atau materi/jurnal lain dari para tenaga pendidik lainnya.

Terima kasih kepada Prof. Eko Indrajit, Om Jay yang telah memberikan kepada saya untuk mengikuti program menulis ini untuk bulan Oktober 2020 (angkatan 16),  maka terciptakan blog ini. 

Terima kasih juga  kepada Ibu Nurhidayati, sahabat saya, beliaulah yang memberikan informasi tentang program ini, sehingga saya dapat bergabung dan berlatih menulis lebih baik dan lebih baik lagi. Berkesempatan belajar bersama orang-orang yang kompeten di bidang literasi ini.

Sebelumnya saya pernah menulis biografi tentang orang tua saya, karena saya ingin anak cucu keluarga kami mengerti sejarah orang tua kita yang berjuang membesarkan anak-anaknya dengan kasih sayang yang tanpa batas, dan juga belajar dari kegigihan perjuangan orang tua sebelum genenrasi kita. Dan juga betapa teguh keimanan orang tua sebelumnya yang dapat menjadi sauri teladan bagi kita. 

Sayangnya buku ini yang saya temukan hanya hardnya saja, karena memang buku ini saya tulis di tahun 2012 atau 2013, dan softfile nya entah kemana. Mungkin bagian dari tulisan ini akan saya tuliskan di blog saya juga. Dengan harapan tulisan ini menjadi inspirasi bagi para generasi muda tentang  menjalani kampus kehidupan ini.

Lewat blog ini saya akan menuliskan kegiatan saya sehari-hari sebagai dosen di Politeknik Harapan Bersama dimana tugas dosen adalah melakukan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni mengajar, meneliti dan melakukan pengabdian kepada masyarakat. 

Selamat datang di blog ini dan semoga blog ini dapat bermanfaat bagi para bloger.

Salam Literasi.




Komentar

  1. ayo teruslah menulis dari apa yang kamu sukai dan kuasai, teruslah menginspirasi kami lewat tulisan yg menginspirasi kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, jangan bosan bimbing kami Ya Pak Wijaya Kusuma ..

      Hapus
  2. Mari sama2 belajar menulis bu Dosen.

    Boleh berkunjung ke blog saya juga.
    Nuwun 🙏

    www.mrregar.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang sekali bisa belajar bersama Pak Jonter Siregar, Blog Anda sangat bagus, mohon bimbingannnya ya Pak, membuat blog kita lebih baik.Terima kasih

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru