KIAT-KIAT MENERBITKAN BUKU BER-ISBN


KELAS ONLINE PENULISAN BUKU BERSAMA OM JAY

Resume 10


Assalamualaikum.Wr.Wb

Moderator : Aam Nurhasanah

Narasumber : R. Brian Prasetyawan

Saya menghaturkan terima kasih kepada semua pihak di kelas  menulis ini, terima kasih dan salam hormat untuk Om Jay  dan semua narasumber dari kelas menulis sebelumnya, yang masih tetap setia memberikan ilmunya dan apa yang dimilikinya untuk dibagikan kepada kami. Semoga semua menjadi ladang  ilmu yang berkah bagi kita semua . Aamiin.

Untuk mengikuti kelas ini memang cukup menyenangkan, saya jarang sekali buka laptop saat pulang kerja , atau pada malam hari saya lebih sering mengistirahatkan diri, karena biasanya jam tersebut sudah lelah, tetapi dengan adanya kelas ini saya mampu melakukan resume di malam hari. Malam ini adalah materi hari ke-10, rasa kantuk yang sudah mendera di awal materi kelas ini, tidak mampu menggerakkan tuts keyboard lagi, akhirnya kuputuskan menyimak kelas WAG dulu saja, dan besok pagi kecoba menuliskan hasil resume malam ini.

Malam ini Bapak Thamrin Dahlan membuka kelas karena Om Jay sedang berhalangan dan moderator nan ramah dan sudah amat dekat dengan grup 16 yakni Bu Aam langsung menyapa kami dan narasumber malam ini. Beliau-beliau ini menjadi motivator saya hingga sampai detik ini masih tersulut semangat menulis.

Saat pagi tiba, kubuka laptop, kuliihat jadwal hari ini,  mengajar dan rapat begitu padat merayap, apalagi deadline unggah proposal hibah yang tinggal menghitung hari. Hm….harus esktra kelola waktu nih…benakku. Bismillah…semoga Allah.SWT memudahkan segala urusan, doa saya pagi ini saya panjatkan.

 

Profile narasumber

Pak Brian Prasetyawan sudah aktif ngeblog sejak tahun 2019, namun keinginan menulis buku baru tahun 2013. Jika ingin membaca bagiamana perjalanan panjang menulis buku ini ada dalam blognya yang berjudul “Resolusi 2014 Mencipta Buku Setahun Satu” di link

Saat itu beliau belum mempunyai mentor sebagai pembimbing, beliau hanya mengetahui satu tempat menerbitkan buku secara mandiri di nulisbuku.com. “Memang gratis tetapi belum termasuk fasilitas desain cover dan ISBN. Jika mau 2 hal tersebut harus membayar sejumlah uang, yang biayanya hampir 1 juta.Karena saat itu masih kuliah, maka saya belum tidak mungkin mengeluarkan biaya segitu”, begitu paparan chat beliau di awal materi mala mini. 

“Namun akhirnya pada 2019 saya mulai bangkit lagi karena tidak sengaja menemukan hashtag di Instagram tentang penerbit Indie. Mata saya terbuka bahwa menerbitkan buku sekarang lebih mudah dan banyak pilihan dengan adanya penerbit indie. Saya semangat menyelesaikan naskah saya hingga akhirnya pada Oktober 2020 saya mengirim naskah buku pertama saya ke salah satu penerbit Indie. Perlu waktu 3 bulan untuk menunggu sampai buku terbit. Akhirnya pada akhir Januari 2020, buku pertama saya terbit”, panjang lebar chat pembukanya.

Beberapa karya beliau adalah Blog untuk Guru Era 4.0 , Aksi Literasi Guru Masa Kini,  Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari.

Beliau adalah salah satu yang aktif dalam penerbit juga, yakni Penerbit Gemala.

 


Pra paparan materi

Seperti pada perkenalkan di Profile, Pak Brian ini adalah salah satu penggiat di dunia penerbitan buku di Indonesia. Maka mala mini beliau akan mengupas tuntas tentang bagiamana sih menulis Resume menjadi buku ber-ISBN. Buku ini akan menjadi sebuah karya yang menurut penulis senior mugkin hal yang biasa, tetapi bagi kami para penulis pemula, ini sebuah capaian yang luar biasa.

Pertanyaan yang ada di benak saya dan mungkin juga beberapa rekan juga berpikir demikian,” Bagaimana dari kumpulan resume bisa dikemas menjadi sebuah buku yang menarik dibaca dan ber-ISBN ? “

 Saya merasa beruntung bisa bergabung di grup ini karena beberapa penerbit buku juga tergabung di grup ini sehingga buku yang akan diterbitkan tinggal pilih mau menerbitkan buku dimana.


Penerbit yang tergabung di grup 16

Beberapa penerbit yang dapat membantu penerbitan buku kita dai gelombang 16 ini ada 4 yakni :

1.     Kamila Press  yang dimotori oleh Cak Inin

2.     YPTD dimotori oleh  Pak Thamrin Dahlan

3.     Gemala dimotori oleh Pak Brian Prasetya

4.     Oase Pustaka Dimototi oleh Ibu Kanjeng (Sri Sugiarti )

Beberapa aturan penulisan buku untuk diterbitkan juga sudah ada pada resume saya di pertemuan sebelumnya. Materi hari ini akan menambahkan wacana penerbit indie yang lain sehingga kita dapat memilih dan memilah mana yang akan menerbitkan buku kita. “Maka yang sebaiknnya bapak/ibu lakukan adalah memahami betul ketentuan tiap penerbit dan memilih yang cocok dengan bapak/ibu,”begitu arahan dari Pak Brian.


Apa yang harus dilakukan  dalam mengemas resume menjadi Buku 

Pertama :

20 tulisan resume digabung dalam satu file microsoft word. Nah settingan file microsoft word ini perlu disesuaikan dengan format penerbit.

Adapun format penerbit Gemala adalah :

  1.   Ukuran kertas A5 (14x20cm)
  2. Huruf times new roman, ukuran 12
  3. Spasi 1,5
  4.  Margin 2 cm
  5. Paragraf rata kiri-kanan (justify)
  6. Tidak ada batasan halaman

Kedua :

Masukkan juga kelengkapan naskah dalam file naskah kumpulan resume, dimana Kelengkapan naskah  yang dijadikan satu, jangan terpisah. Urutan Kelengkapan resume yaitu:

  1.  Cover ( judul buku dan nama penulis saja)
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi (tanpa nomor halaman)Profil Penulis
  4. Sinopsis (3 paragraf. Masing-masing paragraf 3 kalimat)

Untuk menerbitkan di penerbit rekanan Pak Brian ini dikenakan biaya Rp 300.000,00

Adapun fasilitas penerbitan yang didapat oleh penulis adalah :

  1. Desain cover
  2. ISBN
  3. Layout
  4.  Edit ringan
  5.  Sejumlah 2 Buku bukti terbit
  6. E-Sertifikat

Beberapa hal gambaran dalam penulsan buku :

1.    Penulis perlu melakukan swasunting atau mengedit sendiri, tapi tidak usah membayangkan mengedit dengan ketentuan tingkat tinggi, Edit saja hal-hal kecil seperti typo (salah ketik) dan merapikan susunan paragraph yakni :

a.           Paragraf jangan berisi terlalu banyak kalimat

b.           Mulailah membiasakan membuat kalimat yang pendek-pendek. Kalimat panjang cenderung akan membingungkan

2.  Harga cetak per buku tergantung jumlah halaman. Sebagai gambaran: 100 halaman A5 = 33.250, kualitas seperti penerbit pada umumnya yakni kertas bookpaper 57 gram, jilid lem panas

3.    Cover : soft cover bahan art carton 260 gms, binding, laminating glossy dan Wrapping plastic

4.    Waktu penerbitan memerlukan kurang lebih 1 bulan



Wassalam

Salam Litearasi

Komentar

  1. mansi resumenya bu...….salam literasi..mampir juga yaa

    BalasHapus
  2. manis resumenya bu...….salam literasi..mampir juga yaa

    BalasHapus
  3. Selalu gerak cepat buat resumenya bu, lengkap semoga saya bisa mengikuti

    BalasHapus
  4. Bagus sekali bu. Salut... walaupun aktivitas padat, masih bisa disempatkan untuk menulis. Saya suka dalam resumenya ada variasi kalimat yaitu menggunakan kalimat langsung. Cara penulisan kalimat langsungnya sudah tepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya, mohon bimbingannya y Pak Brian

      Hapus
  5. Bu Ida, semangat terus ya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yerima kasoh kunjungannya...pak chris, saya sudah main ke blognya baoak y

      Hapus
  6. Wah lengkap resumenya... sukses ya bu..

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Terima kasihbsudah berkunjung dari Bali y pak....

      Hapus
  8. Wah lengkap sekali....
    Bagaimana sih? Biar bisa meresume dengan cepat?

    Krna saya itu kadang malas menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya. Untuk menulis resume ceoat itu tidak ada tipsnya pak.... Hanya memang niat ingin ceoat menulis resume.

      Hapus
  9. Waow...resumenya bagus sekali. Salam literasi tiada henti

    BalasHapus
  10. Resume yang mantap, Bu Dosen. Sekadar masukan tinggal dipoles sedikit pemakaian tanda bacanya. Biar lebih mantap lagi. Tabik. 🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5