PEJUANG LITERASI YAYASAN PUSAKA THAMRIN DAHLAN

“MEWUJUDKAN INDONESIA MAJU DI BIDANG LITERASI”

KELAS ONLINE PENULISAN BUKU BERSAMA OM JAY

Resume 7:

 


Assalamualaikum.Wr.Wb

Moderator : Ibu Aam Nurhasanah

Narasumber : M.Thamrin ,SKM, M.Si

Assalamualaikum.Wr.Wb

Para bloger yang setia, masih asyik  mengikuti perjalanan kelas penulisan buku bersama Om Jay, kan….


Tak terasa memasuki minggu ke-3. Obrolan di kelas WAG makin seru saja, kedekatan terus terjalin hari demi hari. Karena kesibukan saya  seharian di kampus, maka saya baru sempat membuka grup ini pada saat saya sudah pulang ke rumah. Sudah 80 lebih chat….wow…apa saja ya…mulai kubaca satu per satu chat dan tiba saatnya pukul 19.00 untuk memulai kelas.

Kelas malam ini, dimoderatori oleh Ibu Aam Khasanah dan narasumber Bapak Thamrin Dahlan, SKM, M.Si yakni dosen Akper Polri, Publisher, penulis, dan telah menerbitkan 30 buku pada yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) fokus membantu teman teman menerbitkan buku ber lisensi Barcode ISBN tanpa biaya.Beliau dan Om Jay merupakan sahabat lama dan dipertemukan dalam Kompasiana.

Tentang  Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD)

YPTD bergerak di bidang sosial kemasyarakatan khususnya  bidang pendidikan.   YPTD fokus membantu para penulis menerbitkan buku berlisensi Barcode ISBN Perpustakaan Nasional Tanpa  Biaya. Kegiatan ini dilakukan mengingat selama ini para penulis terkendala dalam menerbitkan buku karena tidak diterima oleh Penerbit Major (besar)  sedangkan Naskah Buku sudah tersedia.  Disamping itu keinginan menerbitkan buku secara indie (pribadi) melalui perusahaan jasa penerbit  memerlukan biaya yang cukup besar.

Sepatutnya kita berterima kasih kepada para perintis YPTD, YPTD terbentuk atas inisiatif Bundo Kanduang (Almh) AKBP (P) Hj. Husna Darwis binti Hj. Dahlan, SH. Beliau seorang Mantan Polisi Wanita dan Notaris yang ber kantor di Bogor memiliki keinginan kuat untuk meningkatkan kegemaran membaca dan menulis keluarga besar Petokayo dan masyarakat. Almarhumah Bundo Kanduang memiliki koleksi buku yang cukup banyak terdiri dari berbagai Ensiklopedia dan Majalah Intidsari serta buku buku hukum serta buka agama.

Setelah itu YPTD membantu teman teman penulis yang telah memiliki naskah buku untuk diterbitkan.  Sejak launching Terbitkan buku gratis ber ISBN 19 Agustus 2020 sudah 36 buku diterbitkan YPTD. Adapun program YPTD antara  lain :

  1. Program A : Penulis telah mempunyai naskah buku segera  kirim ke email thamrindahlan@gmail.com
  2. Program B : YPTD menerbitkan Buku dari Para Penulis posting di website terbitkanbukugratis.id setelah terkumpul naskah 150 – 200 halaman.
  3. Program C : Penulis posting di website YPTD terbitkanbukugratis.id sampai 40-50 artikel kemudian buku diterbitkan YPTD

Saya sangat berterima kasih sekali atas perjuangan YPTD ini, dimana para sukarelawan  mengabdikan karya dan cipta anak bangsa di bidang literasi dengan penuh keikhlasan.

Jika ada yang berminat untuk membuat dan menerbitkan buku , inilah kontak yang dapat dihubungi:

Kantor YPTD : Perumahan Bumi Harapan Permai (BHP) Jl. Bumi Pratama VIII Blok A 23 Kelurahan Dukuh – RT 06 RW 06 Jakarta Timur Kode Pos 13550

Telp. : (021) 87799665  Hp : 08169932527.

Email :  thamrindahlan@gmail.com

Website YPTD : terbitkanbukugratis.id

NPWP : 954979498009000

Rekening Bank an. Bendahara YPTD Enida Busri SKM, S,Kep

Bank Rakyat Indonesia (BRI) No. Rek : 093201040485532


 Perjuangan Bapak Thamrin Hamzah

Perjuangan Bapak Thamrin Hamzah sangat menginspirasi. Kendala para penulis adalah biaya dalam penerbitan bukunya, dikarena sebagai posisi sebagai penulis pemula atau belum terkenal sehingga Penerbit Besar ( major) belum berkenan menerima naskah buku. Kisah beliau , bahwa buku-buku beliau sampai yang ke 20 diterbitkan oleh Leutikaprio.com dengan membayar Rp. 1.250.000 untuk 25 buku.

YPTD terbentuk 29 Juli 2019 berdasarkan Akta Notaris dan SK Kemenkumham. YPTD sebagai Penerbit mendapat kewenangan dari Perpustakaan nasional untuk mengusulkan ISBN buku yang akan diterbitkan. Kewenangan inilah yang memberikan akses bagi Bapak Thamrin Hamzah dapat menerbitkan buku secara indie (pribadi) buku lebih mudah dan cepat ditrerbitkan hingga  sampai buku ke-30.

Saya mencoba berselanjar di dumay, dan saya coba cari dengan kata kunci buku-buku karya Thamrin Hamzah , Jika saya baca dari judul buku-buku hasil karya beliau mencerminkan nilai pendidikan yang sangat baik, baik dari sisi sejarah, keagamaan, tokoh dan fiksi.

Proses Pengiriman Naskah

Beliau memberikan kesempatan kepada semua yang berniat ingin membuat buku dan menerbitkannya, maka beliau mengatakan tidak ada seleksi hanya diminta Penulis menyesuaikan standard baku  YPTD terkait naskah buku.

Inilah beberapa tahapan dalam Proses  Penerbitan Buku :

1.     YPTD menerima Nahkah Buku Penulis via email thamrindahlan@gmail.com lengkap dengan Judul, Daftar Isi, Cover depan belakang Buku dan Kata Pengantar.

Ketentuan Standard baku Buku terbitan YPTD

a.     Ukuran A5

b.     Font 12

c.      Margin 1.5/1/1/1

d.     Huruf Times News Roman

e.     Spasi 1.5

f.       Ketebalan 150 – 200 Halaman 

2.     Tahapan selanjutnya setelah naskah memenuhi standard baku, Admin YPTD setiap hari Senin mengajukan permohonan Lisensi Barcode ISBN (International Standard Book Number) ke Perpustakaan Nasional. 

3.    Setelah Barcode ISBN di keluarkan Perpustakaan Nasional,  Admin meng - informasi kan kepada para penulis melalui  WA Group terbitkanbukugratis agar para penulis melakukan editing atau persiapan buku sebelum naik cetak.

4.     Admin YPTD menyiapkan Kata Pengantar Penerbit, Halaman Judul dan Nomor Urut terbit serta Barcode ISBN.

5.     Penulis memasukkan point (4) kedalam buku yang akan diterbitkan.

6.     Selanjutnya setiap hari Rabu 2 (dua) pekan sekali Admin YPTD mencetak buku. Seluruh biaya cetak ditanggung YPTD.  Rata rata biaya cetak buku Rp 250.000 (duaratus lima puluh ribu rupiah) per judul. Buku dicetak  di Buring Digital Print Jalan Magonda Raya 393 Pondok Cina Depok.

7.     Setiap Judul Buku dicetak 5 buah dengan aturan distribusi

a.     2 buku untuk Perpustakaan Nasional

b.     1 buku untuk Penulis berikut soft copy (flash disk)

c.      1 buku untuk Penyandang Dana

d.     1 buku untuk YPTD 

8.     Buku untuk Penulis berserta soft copy dikirim by logistic transportation.  Secara resmi seorang Penulis memiliki Mahkota ketika telah memiliki Buku Perdana. Seandainya  ingin memperbanyak buku untuk dipromosikan kemudian dijual atau untuk hadiah Penulis bisa mencetak Buku secara mandiri menggunakan soft copy di percetakan mana saja.

9.     Buku buku untuk Sponsor akan dikirimkan ke alamat by Go Send sesuai  jumlah buku ke alamat Penyandang Dana berserta ucapan terima kasih telah mendukung Gerakan Menrbitkan Buku ber ISBN Tanpa Biaya.

10.  Setiap hari Rabu 2 bulan sekali YPTD menyerahkan secara langsung Buku Buku yang telah diterbitkan ke Perpustakaan Nasional sesuai Regulasi ISBN.  Buku buku para penulis menjadi milik dan koleksi Negara tersimpan abadi di Perpustakaan Nasional

11.   2 Pekan sekali YPTD minimal mencetak 10 buku sehingga target  menerbitkan 200 buah buku selama satu tahun sampai 29 Juli 2021 tercapai.


Tujuan yang Mulia

Dunia literasi di Indonesia masih tergolong rendah, tahun 2019  dari hasil studi yang dipublikasikan dengan nama "The World’s Most Literate Nations”, menunjukkan bahwa Indoenesia berada pada perinkgat ke-60. Dengan adanya program-program YPTD ini diharapkan mampu mendongkrak kesadaran literasi masyrakat Indonesia.

Dalam menjawab salah satu pertanyaa peserta , Beliau mengungkapkan bahwa YPTD  memiliki prinsip semua bahwa tulisan adalah bagus selama bukan plagiat dan hoaks.  Tidak berani untuk menilai tulisan yang akan diterbitkan.  Kualitas itu sangat bertingkat dan beragam. Semua berproses.  Dalam kondisi sudah ada naskah maka YPTD siap membantu menerbitkan buku. Kita semua masih dalam proses belajar.

“Tujuan utama adalah bagaimana meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Literasi Indonesia”

Sangat setuju dengan hal ini, mari kita tingkatkan kemampuan literasi kita.

Wassalam.Wb.Wb

Salam Literasi

Komentar

  1. Termasuk yang tercepat resume nya. Ijin berkunjung dulu ya bu. Mantap lah ....

    BalasHapus
  2. Super lengkap bu resumenya.. sukses...

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas kunjungannya. Akan main ke pak Tama nanti, Bu Tini sudah saya samperin barusan...

    BalasHapus
  4. lengkap sekali resumenya,,,tetap semangat berkarya..salam sukses selalu

    BalasHapus
  5. Terima kasih udah main dan membaca resumenya.

    BalasHapus
  6. Sukses selalu dalam berkarya..

    BalasHapus
  7. Terima kasih Bu Ida Apriliana atas apresiasi untuk YPTD. Bersama kita bisa. Buku adalah muara menulis. Kami tunggu naskah Ibu Dosen. Salam Literasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas uluran tangan YPTD dalam bidang literasi. Saya akan coba ajak teman2 di kampus saya untuk bergabung.

      Hapus
  8. Mantap terus..Semoga nanti bisa menerbitkan buku gratis di YPTD. Aminn

    BalasHapus
  9. Komplet sekali resumenya, Mantap Bu

    BalasHapus
  10. Resume yang lengkap, Bu Ida. Tinggal dipoles sedikit dengan kata-kata sendiri. 🙏

    BalasHapus
  11. Seceoat kilat meresume..semiga sy jg bisa secepat ini dlm meresume

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru