JURUS JITU MENULIS BUKU AUTOBIOGRAFI

  1. RESUME 22 

Assalamualaikum.Wr.Wb
Hari ini hari Jumat, dimana saya harus mengejar ketertinggalan saya menulis resume ke-22. Sebenarnya materi ini disajikan pada tanggal 23 November lalu, tetapi saya tidak langsung membuat resumnenya.
Saya hanya menyimak materi lewat WAG sambil menonton sinetron di salah satu stasiun televisi, di RCTI. Sinetron yang sedang viral dan digandrungi para ibu-ibu. Saya mendengar cerita rekan di kampus dan beberapa teman menceritakan sinetron ini cukup membuat meleleh para ibu-ibu, maka timbul rasa penasaran saya untuk menonton.....yang akhirnya saya kepoin beberapa episodenya lewat youtube. Kebetulan sinetron ini tayang tiap hari pukul 19.30, hampir bersamaan dengan jam materi kelas menulis.

Tapi memang, beberapa hari ini, mungkin sudah seminggu lebih, saya memilih hanya menyimak informasi di WAG kelas menulis. Hari ini cukup lega melihat Om Jay sudah aktif dan sangat cerah wajah beliau di tiap postingan foto yang diunggahnya.

Telah hampir 2 minggu ini, Tegal dinyatakan Zona merah, bukan lagi  cuma di WAG melihat informasi Om Jay melakukan test, tapi saya pun dan rekan-rekan  satu kampus harus melakukan rapid dan hasilnya ada beberapa rekan yang reaktif dan harus melanjutkan test swab. Saya mulai berpikir positif dan menghindari informasi tentang hal-hal tersebut, karena saya paranoid...jadi saya membuat suasana tetap hepi dan mengalihkan fokus ke nonton sinetron  aja deh....hepi-hepi dengan ikutan nonton yang lagi viral, mencoba meleleh dengan sang aktor di sinetron ikatan cinta. Inilah mengapa saya pindah fokus sejenak......

Alhasil saya tertinggal 2 resume, materi ke 22 dan 23, Hari ini target saya mengejar ketertinggalan tersebut.

Seperti biasa, Bu Aam masih setia menjadi moderator di kelas ini, Top Markotop dah,,,,,Baliau meulia memperkenalkan diri narasumber pada malam tersebut.

PROFIL NARASUMBER

Nama  : SUPARNO,  S.Pd.,M.Pd

TTL: Magetan  25 Juli  1966

Alamat: Desa  Pojoksari  RT 21 RW 3 Sukomoro  Magetan.

Profesi : 

  • Guru dan sudah berkarir selama 25 th.
  • Kepala  Sekolah  5 tahun 

Prestasi  yang pernah  dicapai;

  • Lulus terbaik D3 IKIP Surabaya tingkat  jurusan th 89.
  • Lulus terbaik  tingkat  jurusan  S1. Universitas  Wima  th 1996.
  • Guru Berprestasi  Tingkat  Kabupaten tahun 2011 Juara  2
  • Narasumber  Nasional Guru  Pembelajar  2016 s.d  2018

Jejak  Literasi yang beliah hasilkan antara lain : 

  1. Perjuangan  Hidupku  
  2. Telaga  ilmu,  2019.
  3. Pranatacara lan Pamedhar Sàbda
  4. Potret  Desa  Pojoksari 
  5. Permasalahan BK di Sekolah.
  6. Catatan  harian  seorang  Kepala  Sekolah 
  7. Catatan  Kepala  Sekolah.

Menulis buku  Biografi menjadi pilihan materi yang diberikan oleh narasumber  Untuk  itu  pada kesempatan  ini.  Beliau adalah jebolan alumni kelas belajar menulis Omjay gelombang ke 3.

Apa sih Buku  Biografi itu ???

Biografi berasal  dari kata biography  artinya  riwayat  hidup  Sedangkan  autobiography  adalah  riwayat  hidup  yang ditulis  sendiri . 

Bebeeapa manfaat  jika menulis  biografi, adalah sebagai berikut :

  1. Mengabadikan  riwayat  hidup kita,  sehingga  kalau  kita  sudah  meninggal  anak  cucu kita,  akan  mengetahui  bahwa  kakeknya  dulu  semasa hidup  di dunia  ceritanya  begini.  
  2. Dari  pengalaman  yang baik pada diri kita bisa menjadi  pembelajaran  bagi orang orang  setelah  kita. Sehingga  menjadi  ilmu  jariah bagi  kita.
  3. Menjadi motivasi  berprestasi  bagi  kita,  karena suatu  saat  ingin  menambahkan riwayat  hidupnya  menjadi  cerita  berprestasi  lainnya. 
  4. Rasanya  rugi segudang  prestasi yang anda miliki  kalau  tidak dituliskan  akan lenyap   ditelan  jaman.

Mungkin terbersit pertanyaan "Bagaimana  memulainya?"

Awali  dengan  membaca  biografi orang orang  ternama,   maka anda akan terinspirasi mengenai  gaya penulisannya, lay outnya,  dan  cerita cerita  apa yang penting  dituliskannya. Setidaknya  bacalah  dua  buku  biografi,  lebih banyak  lebih baik  sehingga  anda bisa membandingkannya mana  yang  anda sukai.

"Karena  yang disukai  maka  menulis  itu  merasa enjoy,  senang  sehingga  kegiatan  itu  dilakukan  secara  terus menerus  sehingga  pekerjaan  menulis cepat  selesai", begitu paparan chat dari narasumber.

Bayangan jika kita menulis apa yang kita sukai  maka  menulis  itu  melibatkan  rasa dalam  hati  sehingga  bahasanya  juga enak  dibaca dirasakan  dalam  hati pembaca. Apalgi ditulis saat mood sedang baik, kalimat mengalir bak air mengalir, dan tangan rasanya tak mau berhenti menulis walau pun kdang jari jemari telah lalah menekan tut keyboard.

Buatlah outline  kemudian membuat  jadwal  menulis,  misalnya  "setiap hari   saya  harus menulis  satu judul".  Dan kita harus disiplin  dan konsisten  dengan jadwal  itu. Tidak  ada perkara  besar  yang bisa diselesaikan dengan  tidak  disiplin  dan konsisten.

Penulis itu Orang Hebat

"Penulis  itu  memang  orang  hebat,  orang luar  biasa.  Pemikirannya  pasti  melampaui kebanyakan  manusia. Penulis  itu pengetahuannya  mendalam sedalam samudra , memiliki  wawasan  yang luas ,  seluas  jagad  raya",begitu paparan chating narasumber malam itu.

Oleh  karena  itu  penulis  hebat  pasti  memiliki  kegemaran  membaca.  JK Rowling penulis buku Harty potter  sejak  masa  kanak  kanak  sudah menjadi  kutu  buku,  karena  difasilitasi  oleh  orang tuanya. Pada usia  11 tahun sudah menulis  buku.

Penulis  itu kadang kadang  dianggap  sebagai orang aneh. Kadang  rela  bajunya  sedikit,  rumahnya  sederhana,  mobilnya  sederhana,  tapi  bukunya  banyak.

Keluarga beliau termasuk keluarga penulis. Selain beliau, istri dan anak beliu juga giat di bidang literasi, bahkan putrinya juga telah menerbitkan buku fiksi. Anak  beliau, diberikan motivasi  disaat  liburan  menulislah,  saya  beri  hadiah  Laptop  ketika  SMP  kelas  8. Novelnya  pernah  di sarasehan-kan,  dapat  apresiasi  dari  Bapak  Bupati, dapat  hadiah  1.5 juta,  tambah  senang  menulis  lagi. 

Wah....sungguh hebat narasumber malam ini, bukan hanya dirinya, keluarganya pun diberikan motivasi unutk menghasilkan preatasi yang monumental.




Gambar-gambar tersebut penampakan dari buku hasil karya beliau dan putrinya. Tips dari beliau adalah :

  1. Semangat. 
  2. Istiqomah dalam menulis. 
  3. Segera  menulis. 
  4. Foto foto  pendukung yang mungkin  masih terserak
Dan semua hal kerjakan dengan keikhlasan, itu pesan beliau. Menurut  agama  amalan  yang  ikhlas  itu  pahalanya  10 x ,70 x, 700 x berapa kali  saja  sesuai  kehendak  Allah
Pentingnya menulis Biografi

Mari  menuliis buku  autobiografi senyanpang  hayat  masih dikandung badan.  Kadang kadang  banyak manusia  ingin  mengetahui kisah  kita  setelah kita tiada.Buku  ini bisa menjadi  warisan  anak  keturunan  kita untuk  menyatukan mereka  dalam keluarga dan persaudaraan.

Banyak tokoh penting yang namanya  menjadi  tenggelam  ditelan jaman  karena  tidak  memiliki  buku  autobiografi. Untuk  itu  lengkapilah  jejak  literasi  anda  dengan menulis  buku  autobiografi.

Tantangan untuk Peserta kelas menulis angkatan 16

Narasumber membrikan tantang untuk para peserta menuliskan judl buku biografi beserta 7 sub babnya, BAgi 10 pengirim  pertama  akan diundi,  dipilih  3 orang  mendapat  hadiah  buku  Perjuangan  Hidupku atau  Catatan  Harian seorang  KS, dengan pengantar  Omjay atau Catatan KS penerbitnya Kamila Press-nya  pak Mukminin. Tantangan inipun diikuti oleh beberapa peserta, salah satunya adalah saya. Kebetulan saya pernah menulis buku Biografi tentang orang tua saya, yanki tentang perjalanan bisnisnya dan kerja orang tua kami membersarkan kami ddngan bisnisnya tersebut. Dan Judul ini pun yang saya kirimkan ke Ibu Moderator Bu Aam. 

Inilah draft biografi yang sya kirimkan :

Orang Tuaku  Kasihmu  Tak  Terhingga

  1. Silsilah Orangtuaku
  2. Perjalanan Usaha orangbtuaku
  3. Jatuh bangun usaha orangtuaku 
  4. Perjuangan orang tua untuk anak-anaknya
  5. Ada nama anak2mu selalu disebut dalam doamu
  6. Modal dalam menjalani hidup
  7. Keteladanan orang tuaku
  8. Kedisiplinan  adalah hal oenting dalam hidup
  9. Kejujuran adalah modal hidup
  10.  Berbuatlah baik terhadap ibumu, ayahmu dan saudaramu.

 Walaupun belum beruntung pada pemutaran roda keberuntungan malam ini, saya tidak kecewa. Sudah hal yang biasa dalam kehidupan, rejeki sudah ada yang mengatur. Itulah pegangan saya dalam menjalani kehidupan ini. 

Terima kasih kepada semua pihak yang telah berbagi di kelas ini. Semoga ilmu yang telah dibagikan menjadi ladang amal bagi kita semua. Aamin.

Hari ini selesai sudah ketertinggalan pembuatan resume ini. Akhir resume kali ini, saya ingin berbagi kebahagiaan dengan menyanyikan lagu soundtrack sinetron yang sedang viral ini, judul lagunya tanpa batas waktu. Mungkin suatu saat cerita kita yang akan diangkat menjadi sebuah sinetron, saat sekarang kita masih belajar menulis dahulu. Karena menyanyi adalah hobi saya maka saya coba bernyanyi, minimal menghibur diri sendiri. Bersyukur jika bisa juga menghibur orang lain , klik disini


Wassalam. Wr.Wb

Salam lietarasi

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru