KULIAH UMUM SISTEM CERDAS KELAS 5E DAN 5F

Assalamualaikum.Wr.Wb

Hai, para pembaca bloger....

Tanggal 16 November 2020 kemarin, saya melakukan kuliah umum untuk mata kuliah Sistem Cerdas yang saya ampu untuk mahasiswa Prodi D3 Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama, Tegal, Jawa Tengah.

Mengapa saya perlu melakukan kuliah umum ini ?

Ada beberapa alasan, yakni :

  1. Bagi mahasiswa semester 5 ini adalah waktunya mengajukan judul Tugas akhir, dimana semester 5 ini, hampir semua mata kuliahnya adalah praktek dan ujiannya adalah project, maka mahasiswa semester 5 harus dapat mempunyai trik agar dapat menyelesaikan prejct MK dan sekaligus melakukan proses pengajuan Tugas Akhir
  2. Memperluas ilmu tentang phyton untuk implementasi di berbagai bidang penelitian implementatif melalui sharing ilmu dari dosen tamu yakni Bapak Rachmad Andri Atmoko ,S.ST, MT dari Jurusan Teknik Komputer , Universitas Brawijaya
  3. Memperluas jaringan kerja sama antar Perguruan Tinggi sebagai awal pelaksanaan kampus merdeka.
Profile Narasumber:



Beberapa penelitian Beliau ada pada data lengkap ada pada di bawah ini :


Hasil penelitian dan publikasi beliau dapat diakses pada laman klik disini

Materi  pada kuliah umum ini adalah :
  1. Gambaran tentang Artificial Intelegence 
  2. Gambaran IoT dan implementasinya, termasuk di dalamnya sensor apa saja sih yang dapat kita gunakan di era industri 4.0 ini.
  3. Implemetasi phyton dan bagaimana instal phyton dan perbedaan phyton dengan C++.
  4. Hardware apa saja yang bisa digunakan dalam penelitian tugas akhir
Materi lengkap dapat diakses di laman klik disini

Kuliah umum ini berlangsung dari Jam 9.00 wib sampai jam 11.00 wib.
Cukup banyak materi yang disampaikan dan saya berharap materi ini dapat berguna bagi mahasiswa semester 5 ini. Dan Teriring doa, semoga rekan mahasiswa dapat lulus tepat waktu.

Awal melakukan sesuatu memang berat dan terlihat sulit, tetapi ikutilah langkah demi langkah, setapak demi setapak. Berproses menuju keberhasilan akan kalian jalani. Jalani dengan penuh kesabaran, keuletan dan perjuangan. Semangat. 
POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA ...... DJITU !!!! 
POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA ...... DJITU !!!! 

Sesi Qestion And Answer
ADA 2 pertanyaan dari mahasiswa.
Question 1 : Project apa yang sesuai di masa pandemi ini ?
Answer 1 : Produk yang dapat berguna di masa pandemi ini salah satunya adalah RAISA, yakni robot yang difungsikan sebagai pengganti perawat di rumah sakit untuk melayani pasien Corona. silakan akses di link klik disini

Mungkin untuk level penelitian TA tidak perlu secanggih raisa, bisa hanya beberapa point saja, tidak perlu sesempurna RAISA.
Saya menambahkan jawaban, yakni lihatlah kondisi kampus kalian, kira-kira membutuhkan alat apa saja, misalkan robot atau alat pendeteksi suhu tubuh tanpa ada kontak dengan pengunjung kampus baik mahasiswa,dosen atau tamu lain. 

Question 2 : "nomemcu adalah microcontroller sedangkan raspberry pi adalah mini pc, yang mana mini pc dapat menampung beban yang lebih berat.
kriteria program seperti apakah yang dikategorikan berat jika dijalankan pada nodemcu?
Sehingga kita tau kapan harus menggunakan nodemcu dan kapan harus menggunakan raspberry pi"
Answer 2 : Sebenarnya kapan nomcu itu kapan digunakan? Yakni saat kita membutuhkan adanya pengiriman data atau IoT dari hardware menuju ke Website atau Android. Disini berarti yang digunakan adalah rasberry dengan softwarenya  adalah phyton, karena akan lebih support. Tetapi jika penelitian itu hanya bersifat menampilkan pada layar monitor saja, maka arduino saja cukup dan dapat menggunakan bahasa C.

Terima kasih  kepada Bapak Narasumber yang telah memberikan materinya, semoga ilmu yang telah dibagikan menjadi ladang ilmu. Sukses selalu.

Wassalam.WR.WB
Salam Literasi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru