NGOBRAS METODOLOGI RISET BERSAMA OMAN SOMANTRI,M.KOM UNTUK KELAS 3A , 3B, 3C DAN 3D
Assalamualaikum.Wr.Wb
Salam sehat untuk semua pembaca blog yang setia,
Hari ini saya akan memberikan resume hasil kuliah umum pada mata kuliah yang saya ampu di MK Metodologi Riset bagi kelas 3A, 3B, 3C dan 3D.
Saya sudab beberapa tahun ini mengampu MK Metodologi Riset, tetapi baru kali ini mengajar MR di masa pandemi. Sungguh ini sebuah tantangan bagi saya, karena sebagai pendidikan di jalur vokasi D3 ini Politeknik Harapan Bersama, khususnya prodi D3 Teknik Komputer ini 70% adalah praktek dan sisanya adalah teori.
Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami para dosen, bagaimana proses pembelajaran yang luringnya hanya beberapa kali, dan sebagian besarnya adalah daring. Baik daring melaui ekuliah.poltektegal.ac.id, Google Classroom atau Edmodo atau pun media lain. Daring juga dilakukan dengan menggunakan conference melalui zoom, google meet atau pun wag.
Perkembangan teknologi dipacu sangat cepat dengan adanya pandemi ini. Semua pihak, baik mahasiswa, dosen dan pihak prodi harus pandai memanaatkan teknologi ini untuk menyampaikan materi perkuliahan agar capaian pembelajaran tercapai di akhir semester.
Apa latar belakang saya melakukan kuliah umum dengan menghadirkan narasumber dosen luar kampus ?
- Bagi mahasiswa semester 3 ini adalah waktunya melakukan penelitian di mata kuliah MR,, maka perlu adanya gambaran tentang penelitian di bidang teknik informatika dan teknik komputer.
- Memperluas pandangan tentang mata kuliah Metodologi riset dari sudut pandang teknik informatika, yang memang memiliki hubungan yang erat dengan teknik komputer
- Memperluas jaringan kerja sama antar Perguruan Tinggi sebagai awal pelaksanaan kampus merdeka.
Materi kali ini cukup bagus, karena narasumber memberikan materi tentang penelitian apa saja yang bisa dilakukan oleh mahasiswa semester 6 ini.
- Penelitian atau research, yang artinya mencari kembali. Jadi penelitian itu adalah sebuah proses yang sistematis untuk pencarian kembali. Jadi kita dapat mencari masalah dalam arti melakukan pencarian masalah yang dapat kita angkat menjadi penelitian kita.
- Penelitian yang kita hasilkan bisa saja salah atau kurang tepat, tetapi penelitian yang kita lakukan bukan hasil data yang bohong. Hipotesis yang kita lakukan bisa saja tidak benar, maka kita lakukan penelitian untuk menguji hipotesa kita, jadi hasilnya tidak harus benar 100%.
- Ada 2 pendekatan yang bisa kita lakukan yakni pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif.
- Penelitian yang dilakukan oleh level D3 adalah penguasaaan kemampuan teknik. Dimana kontribusi penelitiannya adalah implemetasi dan pengembangan. Jadi D3 biasanya Tugas Akhirnya menghasilkan sebuah alat atau sistem informasi yang dapat diimpelementasikan atau dapat alat yang masih dalam bentuk prototype.
- Tahapan yang dapat dilakukan saat kita akan melakukan penelitian, antara lain :
- Memperhatikan kemampuan kita ada dimana, kompetensi yang kita kuasai dan yang kita sukai.
- Melihat trend penelitian dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, karena kita di bidang teknik komputer, maka carilah artikel penelitan di bidang teknik komputer selama 5 tahun terakhir.
- Tentukan topik
- mulailah menuliskannya ke dalam bentuk proposal menggunakan 5W + 1H ( What,why,where,who,whom,how)
- Tips dari narasumber adalah:
terimakasih bu, rangkumannya sangat membantu
BalasHapus