Catatan Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi yang dilakukan oleh Platopia Creative).

 Assalamualaikum.Wr.Wb

Dua hari yang lalu, kubuka telegram di gadgetku, karena beberapa hari telegram tidak kubuka maka banyak komentar dan informsi yang belum kubaca. Perhatianku terhenti memperhatikan melihat informasi webinar yang di sahre di salah satu grup dosen, tentang webinar yagn dilakukan oleh Platopia Creative, ....

Mulai penasaran, nih.....

Apa itu Platopia Creative, akhirnya kubuka flyer dan situs nya dan mulai kubaca....membaca judul webinar yakni pembelajan Berdiferensiasi di era Merdeka Belajar. 



Saya mulai tertarik..akhirnya saya mendaftar....

akhirnya aku mendapat surat tugas yang dikirimkan via email gmail saya, https://mail.google.com/mail/u/0/#inbox/FMfcgzGljvPWKwsBvNMscZnFPsFkmlzk

Adapun peserta  da pada link daftar peserta

Adapun jadwal pada link materi

Adapun dokumentasi:

Kita akan lanjutkan ke hari kedua....

Question:
1. Bagaimana cara membuat suasana perkuliahan daring itu agar bisa terjalin 2 arah? ada beberapa kelas yang bisa aktif ada yang hanya berjalan satu arah, dan kebanyakan jika perkuliahan daring itu itu mhs cenderang menerima
Answer: 
Dengan memberikan stimulis pertanyaan, walaupun pertanyaan itu sederhana

2. Diferesiansi ini berarti spt kita klasifiksikan anak didik ke dalam beberapa sudut pandang bisa dari minta , bakat, atau kemampuan atau psikologi. nah kiranya pendekatan paling baik mana dulu yang dita klasifikasikan dulu?
Jawaban ada pada paparan di bawah ini, yakni tahap tahap pembelajaran diferensiasi

Hari kedua, pembelajaran mandiri yakni membuat RPS, RPP yang berdiferensiasi, berikut hasil pemetaan dari anak didiknya.

Narasumber pada pelatihan ini Ibu Wahyu Setia Wenangsari

Hari ketiga yakni melanjutkan diskusi, dan saya mendapatkan beberapa catatan, diataranya:

  1. melakukan diferensiasi bukan memberikan perbodaan pembeljaran kepada anak didik, melainkan pemberian proses pembelajaran berdasarkan perbedaan kemampuan, minat, bakat ataupun sisi lain dari anak didik, maka materi yang diberikan sama tetapi proses transformasi kepada anak didik disesuaikan dengan perbedaan cara anak didik dapat menerima materi.
  2. Ada 3 cara anak didik dapt belajar yakni gaya visual, gaya audiotori dan gaya kinestrik. untu lebih tahu bagaimana karakteristik gaya tersebut silahkan mengakses https://www.ruangguru.com/blog/tiga-gaya-belajar 
  3. Discovery learning sangat sesuai dengan pembelajaran berdiferensiasi
Untuk melakukan kelas pembelajaran diferensiasi ada beberapa tahap yakni:
  1. membuat assesment diagnostic, kemudian lakukan pemetaan dan buat kelompok sesuai kebutuhan belajar
  2. membuat metode pembelajaran  baik dengan ppt, video dan makalah agar dapat dilakukan proses transformasi kepada anak anak dengan perbedaan kemampuan menerima materi
  3. melakukan proses pembelajaran kepada anak didik
beberapa slide yang mungkin bisa dijdikan acuan untuk melakukan pembelajaran berdiferensiasi ada pada catatan berikut






Semoga materi ini bermanfaat, dan alhamdulillah hari ini tepatnya tanggal 27 September 2021, saya sudah mendapat email sertifikat keikutsertaan pada pelatihan ini.

Wassalam



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5