EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MELALUI E_LEARNING SYNCNAU PADA POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA

 Today, at morning 25 August 2022

For long time , I didnot writ in tis blog and write a book or article, but last week , I want to write dan read contiusly every moment in my life

And today , I read the information about writing competition at sevima 





I just follow the facebook dan Instagram...to got the ticket for send my article in this moment

This moment , I will make the chance to me to active again in literation industri

I will join in that competition to chalange myseflt, beside win or not, no problem for me because write is my hobby and the moment I can healing ourselves.


EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MELALUI E_LEARNING SYNCNAU PADA POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA

Penulis : Ida Afriliana, ST, M.Kom

idaafriharahap@gmail.com

Prodi DIII Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama

Jl.Mataram no.9 Tegal – Jawa Tengah

 

Pandemi covid_19 pemicu percepatan digitalisasi pembelajaran di seluruh wilayah di dunia

Pandemi Covid_19 yang terjadi dua tahun yang lalu, cukup memberikan dampak besar bagi dunia pendidikan di seluruh wilayah di dunia ini, tak terkecuali di Indonesia. Pendidikan di Indonesia yang terbiasa dengan tatap muka antara pengajar dan anak didiknya menjadi sebuah pembelajaran yang merupakan syarat wajib terjadinya interaksi transformasi ilmu pengetahuan saat sebelum pandemi. Tetapi dengan adanya pandemi, semua kegiatan proses pembelajaran menjadi berkembang amat sangat cepat walaupun tidak merata di seluruh wilayah di Indonesia.

 

Percepatan pembelajaran ini karena tuntutan para pengajar wajb memberikan transformasi ilmu pengetahuan kepada anak didiknya walau tidak dapat bertatap muka langsung. Hingga akhirnya semua pendidik dan anak didik beralih menjadi pembelajaran melalui alat elektronik yakni pembelajaran berbasis digital. Pembelajaran digital ini dilakukan di semua lini pendidikan, dari mulai tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi. Saat dua tahun lalu, dimana google meet dan zoom belum populer digunakn oleh khalayak ramai, karena saat itu masih sedikit yang menggunakan platform tersebut. Dengan kondisi pandemi maka google meet, zoom, microsoft team dan beberapa platform pembelajaran e_learning mulai marak bermunculan, memberikan solusi pembelajaran di era pandemi.

 

Menurut Prof.Eko Indrajit dalam webinarnya yang berjudul “Digital Transformation” yang diunggah pada kanal youtube 3 tahun yang lalu, menyatakan bahwa transformasi digital adalah suatu proses perjalanan organisasi/enterprise/korporasi menuju suatu status dimana terjadi konvergensi antara teknologi digital dengan area dan seluruh proses yang ada dalam bisnis tersebut. Konvergensi ini terjadi akibat perkembangan teknologi yang sedemikian pesat, bedanya dengan konvensional adalah ketika jaman dahulu kita mengenal 4 M (Money, Machine, Man , Method) dan M yang ke-5 adalah Materials maka kita mengetahui persis bahwa  sumber daya tersebut adalah fisik. Dalam konsep transformasi digital, maka mindset berubah menjadi mindset digital, yakni sumber daya fisik dapat diganti menjadi sumber daya digital yang diubah menjadi bit atau sinyal-sinyal elektronik. Dan hal ini cenderung lebih efektif dan murah, karena pembelajaran berbasis digital dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun oleh siapapun.

 

Masa pandemi ini menjadi titik balik bagi Indonesia menuju era transformasi digital,  inilah yang memicu perkembangan digitalisasi di dunia pendidikan, dimana bermunculan pembelajaran berbasis e_learning atau proses transformasi ilmu pengetahun berbasis platform pembelajaran jarak jauh dengan web camera.

 

 

 

Tetap kreatif dan inovatif melakukan pembelajaran di masa pandemi

Para pendidik melakukan berbagai kreatifitas dan inovasi untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi yang amat pesat tersebut, sehingga dunia pendidikan tetap memberikan kontribusi terhadap para anak didiknya dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

Di Politeknik Harapan Bersama pun melakukan inovasi transformasi digital dalam bidang pengajaran dengan membangun sistem pembelajaran berbasis website. Dua tahun yang lalu sistem informasi ini dibangun dengan nama e_kuliah yang dapat diakses dengan webiste poltektegal.ac.id. Saat itu e_kuliah menjadi solusi terbaik saat pandemi karena sistem informasi tersebut memiliki beberapa menu yakni pemberikan materi tiap kali pertemuan, tugas, dan ujian, serta pake soal ujian dan jadwal perkuliahan yang diinputkan sehingga akan otomatis seting proses pembelajan di jam dan hari saat jam Mata kuliah dimulai dan berakhir, sehingga mahasiswa dan dosen dapat melakukan absensi pada platform tersebut.

 Seiring berjalannya waktu maka sistem informasi ini disempurnakan hingga saat ini menjadi syncnau.poltektegal.ac.id dengan menu-menu yang lebih lengkap lagi, selain untuk pembelajaran daring dapat juga digunakan untuk pembelajran tatap muka yang dapat melakukan  absensi dengan scan barcode untuk menghindari yang titip absen pada mata kuliah praktikum atau praktik.

 


Tampilan e_learning adalah sesuai dengan user, apakah sebagai dosen atau sebagai mahasiwa atau bahkan sebagai admin sistem informasi di tiap program studi yang dapat melakukan seting jadwal dan ujian serta input dosen pengampu.

 

Gambar di bawah ini adalah tampilan user dosen, pada tampilan menu akun dosen, disini saya contohkan akun saya, untuk menu tampilan dasboardmya.

 

Syncnau akan memberikan notifikasi jadwal perkuliahan dan melakukan hitung mundur saat perkuliahan dimulai. Maka mahasiswa akan terekam kegiatan keikutsertaan dalam perkuliahan online, ataupun perkuliahan praktik.

Jika perkuliahan dilakukan menggunakan platform zoom atau google meet maka linknya dapat dicantumkan di perkuliahan pertemuan tersebut sehingga mahasiswa dengan sekali klik akan bergabung dengan kelas daring dosen. Dalam syncnau ini juga dapat merekan semua jejak tugas, kehadiran mahasiswa dan jurnal dosen, sehingga selain memudahkan rekap oleh pihak admin program studi dapat juga menjadi rekam jejak digital proses pembelajaran dosen yang biasanya akan digunakan sebagai bukti kinerja pengajaran dosen untuk keperluan jabatan fungsional dosen atau laporan kinerja dosen tiap semester.

Ujian pun dapat dilakukan secara online, maka terciptalah bank soal untuk semua mata kuliah dan rekan jejak nilai tugas dan ujian semua mahasiswa, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

 


Dengan adanya syncnau ini telah meningkatkan efektifitas pembelajaran di lingkungan Politeknik Harapan Bersama, sehingga transformasi digital di lembaga ini telah berjalan dengan baik.

Politeknik Harapan Bersama siap mengikuti perkembangan tekniologi informasi di er Revolusi Industri 4.0 dimana Politeknih Harapan Bersama untuk terus melakukan inovasi dalam rangka  beradaptasi dengan transformasi digital agar dapat bersaing dengan Kampus Kelas Dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5