Hibah Matdhing Fund 2023 ...Are you ready?

 Assalamu'alaikum.Wr.Wb

Tugas dosen tercakup dalam Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Tugas inii memang tidaklah mudah, karena bukan saja kecerdasan seorang dosen yang dibutuhkan disini, tetapi kreatifitas dan inovasi sangat diperlukan dalam menjalankan ketiga hal tersebut. Karena kebijakan pemerintah yang selalu berubah, kemudian tuntutan jabatan fungsional serta pertanggungjawaban kinerja yang selalu terekam dengan baik dengan adanya pelaporan kinerja dosen atau biasa disebut dengan BKD yang dilaporkan setiap semester. Ketiga hal ini akan menjadi kebiasaan yang tidak sulit jika sudah menjadi sebuah budaya.

Dengan berjalannya kebjakan yang berjalan ini, Kemendikbud selalu memberikan beberpa program yang mendukung dosen dalam melaksanakan tridharma PT, seperti menyelenggarakan beberapa hibah penelitian atau hibah pengabdian masyarakat.

Matching Fund merupakan salah satu program yang diupayakan untuk mengimplementasikan penelitian dosen dan berkontribusi dengan masyarakat DUDI, lembaga, LSM atau yang lain. Matching Fund ini biasa disingkat MF dapat diakses pada kedaireka.id. 

semua dapat membuat akun disini, baik insan PT yakni dosen, mitra yakni meliputi DUDI, lembaga pemerintahan dan beberapa unsur masyarakat lainnya, yangg gtujunan memperkecil gap antaran dunia pendidikan dan dunia industri.

Pembukaan hibah ini sudah dilakukan sejak tanggal 16 Januari 2023 hingga 31 Januari 2023.

Adapun materi dan panduan MR MF dapat diunduh dari link https://kedaireka.id/landing-innovator

Tahun lalu MF ini sudah dilaksanakan, tetapi memang saya belum ikut berpartisipasi. Untuk tahun ini, MR 2023 , beberapa kali saya mengikuti sosialisasi, ang kebetulan salah satu sumber sosialiasasi MF adalah teman saya , maka saya sedikit penasaran untuk mencoba mengikuti hibah ini, saya anggap sebagai suatu challenge saya di tahun 2023. Tidak ada salahnya mencoba dan hasilnya , saya serahkan pada Allah.SWT.  Saya ambil menjadi sebuah proses pembelajaran.


Tahun ini, ada beberapa rekan sejawat dosen yang mengikuti ini din PHB mungkin sekitar 3 orang dengan saya. 



Proposal yang saya buat dan beberapa surat persyarataknya ada pada link disini


Awali challenge ini dengan Bismilllah, walaupun memang teruploadnya proposal awal ini semulus yang dibayangkan.


Beberapa hal yang memberikan dorongan dari beberapa sosialisasi yang dilakukan oleh tim panitia TIM MF salah satunya adalah sahabat saya, ibu Dr.Pipit dari Politeknik Manufatur Bandung.




Di tanggal 29 Januari 2023, saya menggunggah proposal awal di website, karena memang pertama kali , beberapa kesulitan dan kendala saya hadapi, tetapi dengan bertanya sana sini, salah satunya ke Bapak Rudi, PaK Qirom , dan membaca panduan dengan sangat perlahan, akhirnya terupload proposal awal dengan baik, di tengah malam , pukul 12.00 wib 

Beberapa hari berlalu, dimana saya terus memantau perkembangan review dari pengajuan proposal saya. Dan pada tanggal 31 Januari saya cek website, ternyata proposal awal saya ada perbaikan, dan harus diunggah sebelum tanggal 1 Feb 2023. Dengan tampilan di bawah ini.


Ternyata , saya salah menggunggah salah satu surat pernyataan, yang seharusnya surat tidak berafiliasi dengan mitra, tetapi yang saya unggah adalah surat tidak sedang studi, jadi pagi itu juga , saya perbaiki dengan menggunggah surat yang sesuai.

Pada tanggal 8 Februari 2023, saya mendapatkan wa dari tim MF yang memberikan informasi bahwa saya mendapat jadwal masuk lolos ke jadwal pitching, dengan kalimat wa sebagai berikut:

Selamat malam,

Yth. Bapak/Ibu

Pengusul Proposal Matching Fund Vokasi Tahun 2023


Sehubungan dengan telah dilakukannya seleksi administrasi terhadap proposal awal pendanaan bantuan Matching Fund Vokasi Tahun 2023 yang Bapak/Ibu usulkan, bersama ini kami beritahukan bahwa proposal Bapak/Ibu masuk pada tahap pitching proposal awal. Berkenaan dengan hal tersebut, Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada pitching proposal awal yang akan dilaksanakan secara online (daring) pada:

hari, tanggal : Jumat, 10 Februari 2023 

pukul : (jadwal terlampir) 

tempat : Zoom Meeting, ID: 889 1287 2885 Passcode: 053964

https://us02web.zoom.us/j/88912872885?pwd=aGgwcE9mVGRiQ1h0QkZ6QVhQNFlpZz09 

acara : Pitching Proposal Awal Matching Fund Vokasi Tahun 2023 


Dalam rangka memperlancar kegiatan pitching proposal awal dimaksud, kami mohon Bapak/Ibu dapat memperhatikan hal-hal berikut:

1. Pengusul dan Mitra wajib mengikuti proses pitching. Pengusul yang tidak dapat mengikuti proses pitching maka dianggap mengundurkan diri dari proses seleksi;

2. Pengusul wajib memastikan bahwa Mitra juga ikut hadir dalam proses pitching. Jika mitra tidak hadir pada saat pitching maka proposal awal langsung gugur;

3. Ketua Pengusul dan Mitra wajib mempresentasikan maksimal 5 (lima) slide presentasi dalam waktu maksimum 7 (tujuh) menit;

4. Bahan presentasi dan/atau tautan video presentasi (jika ada), harap diunggah pada platform kedaireka.id dengan format penamaan dokumen [Nama Ketua Pengusul — Asal Perguruan Tinggi];

5. Koneksi internet yang memadai untuk menjaga kecepatan dan kestabilan aplikasi saat kegiatan berlangsung;

6. Memperhatikan panduan pelaksanaan pitching dan tata tertib yang terlampir pada surat ini.


Untuk konfirmasi dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Help Desk MF Vokasi (wa) dinomor gawai +62 813- 9150-1965. 


Mohon SEGERA konfirmasi kehadiran pada pelaksanaan Pitching Proposal pada Jumat, 10 Februari 2023 dengan cara ketikkan "SAYA HADIR". Jika tidak dapat hadir, mohon segera melapor melalui WhatsApp ini.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Salam,

Tim MF Vokasi

*Mohon untuk segera mengunggah PPT dan video pada laman kedaireka.id

Wa'alaikumussalam.Wr.Wb

Adapun ppt yang diunggah dapat dilihat disini

dan link youtube dapat diakses disini

Dan status pada website adalah sbb: 


Dan saya mendapatkan jadwal di hari Jumat, tanggal 10 Februari Pukul 14.00 - 16.00 dan ada pada urutan ke-10, maka saya presenter terakhir di room 3



Hari ini , hari Sabtu tanggal 11 Februari 2023 , saya baru bisa melanjutkan tulisan setealh proses awal dengan Bismillah.

Dan pada minggu ini, saya bersyukur dengan membaca alhamdulillah telah bisa melewati hingga proses sejauh ini, yang awalnya tidak berharap banyak, tetapi hanya belajar berkompetisi dan ternyata diberi kesempatan hingga level pitching. Bersyukur kepada Allah.SWT atas berkah yang dibderikan kepada saya dan Tim pengusul. Ikhtiar sudah kami lakukan yang terbaik, hingga sekarang berpasrah kepada Allah.SWT, Apapun hasilnya merupakan hal terindah buat sebuah proses perjuangan untuk penelitian dalam rangka palaksanaan Tri Dharma PT.

Semoga Allah.SWT memberikan kemudahan dalam tiap langkah kita. Aamin.Yra


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru