Mari Bangkitkan dunia Literasi

Assalamu'alaikum.Wr.Wb

Bismilahirohmanirrohim. Salam Sehat

Suatu hari saya melihat postingan di WA group untuk menjadi editor sebuah book chapter, yakni di gruop, yakni sebuah penerbit yang bernama PTTI Press. Bapak Iswanto menawarkan untuk siapa pun yang bersedia menjadi editor book chapter dengan berbahasa Inggeris dengan reward 2 juta. 

Sungguh tawaran yang menggiurkan bagi saya, saat membaca hal ini, saya terttarik dan akhirnya saya memberanikan diri untuk belajar menjadi editor book chapter ini.

Setelah saya japri Bapak Iswanto, saya bertanya tentang penulisan book chapter tersebut dan dari pembicaraan via wa call ada beberapa hal tentang pembuatan book chapter ini, yakni:

  1. call for editor buku chapters untuk tema Artificial Intelligence dengan reward 2juta rupiah. Book chapter diterbitkan di kami gratis. Reward untuk editor dengan syarat membuat book chapter yang terdapat 12 - 15 chapter yang setiap chapter harus mensitasi journal terindeks scopes minimal 20 paper. Untuk paper nya dicarikan oleh Pak Iswanto.
  2. keuntungan menulis salah satu chapter yang dia kelola dapat meningkatkan data paper pada GS nya sebagai penulis chapter
  3. Buku chapter terbitan PTTI Press akan kami Indexkan seperti JRC https://journal.umy.ac.id/index.php/jrc/index.
  4. Tiap chapter minimal 15 halaman dengan berbahasa Inggri
  5. chapter dapat berisi review paper (refrensi minimal 50 paper) dan paper bolen dari berbasis riset atau bukan riset
  6. date line bulan Juni 2023
  7. editor juga boleh menulis salah satu chapter yang dia kelola
Untuk lebih mengetahui hal ini, saya mencoba untuk melihat semua link yang dibagikan oleh Bapak Iswanto.
Simulasi untuk robot, misal simulasi quadrotor yang bisa dimasukkan algorithm path planning lihat contoh review paper tentang robot.
Salah satu book chapter tentang review jurnal yang sudah dihasilkan oleh Pak Iswanto dapat diakses pada laman klik disini.
Sedangkan link chapter journal dapat diakses di Academy atau mendeley ataupun dari Google drive yang diarahkan pak Iswanto, di klik disini.

Memulai chalenge ini, maka hari ini ku mencoba mengumpulkan data terlebih dahulu tentang paper AI yang bertemakan internet of things di beberapa bidang, fokusnya lebih saya kerucutkan pada smartfarming.

Mengapa smartfarming ini menjadi fokus saya? Karena melihat potensi wilayah di indonesia ini adalah negara agraris, tetapi sungguh miris, beberapa produk pertanian negara kita masih melakukan import seperti beras import, kedelai import dan beberapa yang lain. Ada apa dengan pertanian di Indonesia? Apakah kita tidak mampu melakukan reformasi di bidang teknologi pertanian, sehingga kita bisa menggugah minta para generasi muda untuk menjadi petani smart untuk bersama-sama membangun negeri tercinta ini memenuhi kebutuhan pangan di negara sendiri.

Untuk memulai challenge ini, setiap hari kucoba mencari 1-3 jurnal terindeks scopus, dan menuliskannya pada log book. Halaman blog ini saya jadikan log book, sehingga menjadi cikal bakal tersusunya book chapter review jurnal.

Mari kita lihat trens penelitian di bidang IoT dan Smartfaming


Untuk graph penelitian pada connected graph seperti gambar di bawah ini


Saya coba akses https://www.semanticscholar.org/search?q=internet%20of%20things&sort=relevance dan terdapat 235.000 jurnal tentang IoT
dan yang dari IEEE ada 11.400 jurnal.


Let's Raise the Spirit of Literacy

Star from 29 of January 2023, One day , read one up to three journals about internet of things

Step 1: 

access at https://www.semanticscholar.org/search?q=internet%20of%20things&sort=relevance and focus topic Internet of things




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru