Pentingnya Hardskill dan Softskill dalam era industri 4.0

Mata kulian Pengembangan Kepribadian merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi semester 1, dan mata kuliah Etika Profesi juga salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 3. Kedua mata kuliah ini lebih menfokuskan pembentukan karakter mahasiswa secara softskill. Kecerdasan IQ saja tidak lah menjadi satu satunya penentu dalam keberhasilan, dibutuhkan kecerdasan emosional dan kecerdasan Spiritual. Kecerdasan emosional ini dibutuhkan adanya mata kuliah yang mendukung, oleh karena itu semua mahasiswa komputer mendapatkan mata kuliah wajib Pengembangan kepribadian sebagai media pembentukan karakter. 

Untuk mendukung adanya pencapaian tujuan tersebut maka Prodi D3 Teknik Komputer melaksanakan kuliah umum dengan mengangkat tema "Membangun Personal Branding kepada Generasi Z untuk Menghadapi Dunia Industri". Kuliah umum ini diikuti  oleh mahasiswa reguler pagi semester 1 dan semester 3 , berjumlah 250 mahasiswa, dan dilaksanakan pada Hari Selasa, 3 Januari 2023 di aula Gedung C Kampus 1 Politeknik Harapan Bersama.


Pengalaman adalah guru terbaik, maka kuliah umum ini mempersembahkan dua narasumber yang cukup berpengalaman di industri IT development. 

Narasumber yang pertama adalah Bapak Muhammad Sahid Ramadhan,S.Psi , beliau familiar dipanggil dengan Bapak Rama Sahid. Beliau adalah Founder dan CEO PT.Kasyr Sibernetika Indonesia, Founder dan CEO PT.Nibras Berkah Mulia, dan Founder dan CEO PT.Teguh Man Lestari, pemilik mimi brownis cafe yang beralamat di Jl. Diponegoro Tegal. Selain itu beliau juga Associate Trainer of Academi trainer, maka kali ini ini beliau akan membagikan pengalaman-pengalaman di empat zona yang berbeda. 

Narasumber kedua adalah Bapak Yuswan Maulana, ST, beliau adalah kepala Desa Mejasem Timur  sekaligus sebagai CEO PT.Komunika Utama Perkasa. Beliau memberikan gambaran etika menjadi pemimpin  yang baik dalam pemerintahan dan juga pemimpin yang baik untuk peruhaan IT yang digelutinya saat ini. 

Pada kesempatan ini Ka. Prodi D3 Teknik Komputer memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk menjadi pribadi yang memiliki softskill dan hardskill untuk dapat mempersiapkan diri bersaing pada era globalisasi saat ini. Dalam seminar ini mahasiswa memiliki kesemapatan untuk menggali pengalaman para narasumber sebagai praktisi di bidang industi 4.0.









Dalam paparan materi seminarnya Bapak Rama Sahid memaparkan "Become an agent of chance in the era of change".  Kita tidak bisa berubah jika memang dari diri kita sendiri memilih untuk berubah, oleh karena itulah kita harus bisa menjadi agen perubahan untuk masing-masing pribadi.  

Dalam akhir materi , narasumber bapak Rama Sahid memberikan 4 modal yang harus kita miliki yakni disiplin, perhatian, kolaborasi dan inovasi. Bisa dijabarkan pada akhir kata materi Beliau yakni:

"Without Discipline, There Is No Care,

Without Care, Ttere Is No Collaboration,

Without Collaboration, Ttere Is No Innovation"

Di akhir paparan narasumber pertama memberikan hadiah bagi mahasiswa yang telah mendownload dan menginstal keping, yakni platform e-money seperti layaknya dana,ovo dan sejenisnya. Keping ini dapat diunduh di playstore, dan keping ini adalah produk dari perusahaan IT Develepment yang dipimpim oleh Bapak Rama Sahid. Selain itu beliau juga berkontribusi bagi UMKM yakni dengan adanya aplikasi UMKM bangkit yang dapat diunduh dan diinstal di playstore juga.

Sementara itu, sudut pandang personal branding yang diberikan oleh narasumber kedua yakni Bapak Yuswan Maulana adalah pribadi pemimpin di pemerintahan dimana melayani masyarakat dengan baik dan tanpa pamrih.  Background beliau di pemerintahan cukup baik, dan beliau memaparkan pemimpin yang baik adalah yang "humble" , cukup mengerti kebutuhan masyarakat yang dipimpinnya dan memberikan contoh yang baik, Kemandirian secara finansial menjadi satu hal yang penting, dimana saat menjabat di pemerintahan, beliau juga sudah menjadi CEO PT. Komunika Utama Perkasa, sehingga penggunaan dana pemerintah digunakan untuk pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan program pemerintah. PT. Kominika Utama Perkasa adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jariangan komputer, dimana memiliki cabang di 4 kota, salaha satunya dalah di Tegal.

Mahasiswa cukup antusias mengikuti acara kuliah umum ini. Selain mahasiswa dosen pengampu mata kuliah etika profesi dan dosen pengembangan kepribadian juga hadir di seminar ini, yakni Bapak Drs.Mayang Sri Herbino dan Bapak Teguh Prihandoyo, M.Kom.

Semoaga dengan adanya seminar ini menjadi penguatan materi di mata kuliah pengambangan kepribadian dan Etika Profesi bagi mahasiswa Prodi D3 teknik Komputer.  Pencapaian sumber daya manusia seutuhnya dimulai dari diri masing masing, tidak ada salahnya kita memberikan stimulus bagi mahassiwa kita untuk memiliki personal branding yang baik.

Terima kasih kepada bapak Rama Sahid dan Bapak Yuswan Maulana yang telah memberikan  pengalaman dan ilmunya bagi mahasiswa semester 1 dan 3 prodi D3 teknik Komputer. 

Salam Literasi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru