From Zero To Hero

27 Juli 2023

"From Zero To Hero"   Kata ini tidak asing di telinga kita 

Sebenarnya apa arti kata ini? 

Menurut salah satu platform AI yakni chatgpt menuliskan bahwa

"From zero to hero" adalah sebuah ungkapan atau idiom yang menggambarkan perjalanan atau transformasi seseorang dari posisi yang sangat rendah atau tidak berpengaruh menjadi seseorang yang sangat dihormati atau dianggap sebagai pahlawan atau tokoh yang menginspirasi. Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan kisah sukses atau pencapaian luar biasa seseorang yang sebelumnya mungkin tidak memiliki prestasi atau pengaruh yang signifikan. Istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada perjalanan seseorang dari keadaan yang buruk, seperti kegagalan, kemiskinan, atau ketidakberdayaan, ke posisi yang diakui, dihormati, atau sukses dalam bidang tertentu. Hal ini menyoroti transformasi yang dramatis dan inspiratif dari keadaan yang sulit menuju prestasi atau kesuksesan yang luar biasa.

Dari penjabaran diatas jelas sekali bahwa pencapaian prestasi disaat pencapaiannya sebelummya bisa jadi di titik nol.

Prestasi Akademik

Inilah gambaran dari pencapaian prestasi bagi mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Teknik Komputer. Progran Kreativitas Mahasiswa atau biasa disingkat PKM menjadi ajang lomba akademik yang cukup bergengsi di kalangan mahasiswa di seluruh Indonesia, dimana pemerintah akan memberikan dana hibah untuk kegiatan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Persaingan ini menjadi ajang kompetisi bagi seluruh mahasiswa di Indonesia, dan juga menjadi sebuah proses penelitian yang tidak mudah dijalani, sehingga menjadi proses pembelajaran tentang alur penelitian dan luarannya.

Tahun 2023 menjadi moment dimana mahasiswa program studi DIII Teknik Komputer mengirimkan tim PKM lebih dari 1 tim. Tahun-tahun sebelumnya hanya 1 tim saja yang mengajukan dan belum beruntung untuk lolos pendanaan. Tahun ini ada. Tetapi untuk tahun 2023, Prodi Komputer mengirimkan 4 tim, dan 1 tim berhasil lolos pendanaan.

Dan WD 3 Kemahasiswaan membentuk tim Reviewer PKM ini yang dianggotai oleh 10 Dosen dengan data dan pedoman PKM dan penilaiannya ada pada drive yang dishare oleh Ibu Iin Indrayanti, M.Pd pada link di sini

Pada tanggal 6 Maret 2023 , pengumuman SK dari instansi terkait terbit ternyata Politeknik Harapan Bersama mendapatkan 7 PKM yang lolos pendanaan, termasuk salah satunya dari Prodi Komputer.

Nama-nama mahasiswa yang tertera dari berbagai daerah di Indonesia terpampang disana, dan ternyata bukan saja pencapaian yang spesial dari Prodi DIII Teknik Komputer, hasil ini menjadi pencapain yang cukup membanggakan karena PHB menyabet 7 tim yang lolos , atau tim yang terbanyak.




Kampus Mengajar

Kampus mengajar merupakan salah satu dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dan untuk tahun 2023 ini, ada 3 mahasiswa yang lolos kampus mengajar dari Program Studi Komputer .

Mahasiswa dan mahasiswi Program Studi D-3 Teknik Komputer yang telah lolos seleksi program Kampus Mengajar 🥳🤩

- Ego Winasis
Penempatan: SDN Getaskerep 01
- Luluatun Khasanah
Penempatan: SDN Purbasana 01
- Tri Wahyudi Pamungkas
Penempatan: SDN Adiwerna 05

Perlu Harbers ketahui, apa itu Kampus Mengajar? 🤔

Kampus Mengajar adalah sebuah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kelas selama 1 (satu) semester dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pengembangan strategi dan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif di satuan pendidikan sasaran, dengan fokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah sasaran. Foto disamping adalah salah satu dokumentasi saat visitasi mahasiswa Kerja Praktik dengan skema kampus mengajar di SD Getas Kerep 01 dengan luaran produknya adalah sistem informasi Perpustakaan, karena sebelumnya di SD ini belum ada sistem tersebut.

Lomba LKTI

Lomba LKTIN adalah lomba untuk mengirimkan karya tulis ilmiah yang ditujukan untuk mahasiswa.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) UB 2023 merupakan event kompetisi karya tulis nasional bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Pendaftaran Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) UB 2023 segera dibuka! 🥳 📜𝐓𝐞𝐦𝐚 𝐁𝐞𝐬𝐚𝐫: "Bersinergi Membangun Negeri dengan Inovasi Terapan Teknologi Menuju Indonesia Mandiri"

📍 𝐓𝐚𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥 𝐝𝐚𝐧 𝐁𝐢𝐚𝐲𝐚 𝐏𝐞𝐧𝐝𝐚𝐟𝐭𝐚𝐫𝐚𝐧: 
🗓 Tanggal Pendaftaran dan Pengumpulan: 8 Juni–12 Juli 2023
🏷 Biaya Pendaftaran Gratis
📑 𝐒𝐮𝐛 𝐓𝐞𝐦𝐚: 
1. Agrokompleks
2. Teknologi Informasi dan Kecerdasan Buatan
3. Animal Welfare and Precision Farming
4. Energi dan Keteknikan
5. Perubahan Iklim dan Lingkungan Hidup
6. Teknologi Pengolahan Pangan dan Pertanian
7. Kesehatan dan Medis
8. Hukum, Politik, dan Pemerintahan
9. Sosial, Budaya, dan Sastra
10. Ekonomi, Bisnis, dan Keuangan
11. Kemaritiman dan Kebencanaan
12. Ekosistem Halal dan Pariwisata
📚 𝐒𝐲𝐚𝐫𝐚𝐭, 𝐊𝐞𝐭𝐞𝐧𝐭𝐮𝐚𝐧, 𝐝𝐚𝐧 𝐁𝐮𝐤𝐮 𝐩𝐚𝐧𝐝𝐮𝐚𝐧: disini
🏆 𝐏𝐞𝐧𝐠𝐡𝐚𝐫𝐠𝐚𝐚𝐧:
• Juara 1, 2, 3 tiap sub tema
• Finalis tiap sub tema

📧 Seluruh peserta yang mengikuti mendapat e-sertifikat dan mendapat kesempatan publikasi ilmiah di OJS (Open Journal System) Brawijaya.

Adapun contoh karya ilmiah yang lolos dapat diakses disini. Sampai tulisan ini diterbtikan belum ada pengumuman dari pihak panitia.

Dari 4 kelompok yang dibentuk oleh Prodi DIII Teknik Komputer, terdapat 2 kelompok yang berhasil mengirim tulisan artikel ilmiahnya.

Kelompok 4: Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas dengan Sistem Monitoring Hidroponik, yang didampingi oleh dosen pembimbing Bapak Arfan Haqiqi Sulasmoro, M.Kom

Anggota Tim:

  1. Apriliyani 21040097
  2. Aditya ali saputra 21040095
  3. Cindy irawati 21040050
  4. Shalistha adella 21040051
  5. Fikri oka fadilah 21040112

Kelompok 1 : Membangun Masa Depan yang Cerdas dan Dinamis dengan Kecerdasan Buatan, yang didampingi oleh dosen pembimbing Ibu Ida Afriliana, ST, M.Kom, IPU

Anggota Tim :

  1. Tuada Rahadatul Aisy (22040089)
  2. Rudi Heryansyah Rohdiana (22040099)
  3. Javanka Amedeo Cavendish (22040095)
  4. Isyfa Khoiron Nisa (22040029)

Hingga berita ini ditulis belum ada pengumuman apapun. Kita berdoa bersama semoga tulisan para mahasiswa menjadi yang terbaik.

Lomba Produk Karya Inovasi ke-3 tingkat Internasional

International Innovation Technology Expo 2023 yang ketiga ini diselenggarakan oleh Politeknik Indonusa Surakarta, dengan mengusung 2 agenda yakni International Conference dan International Product Competision.

Prodi DIII Teknik Komputer mengirimkan 2 tim dengan mengusung konsep IoT.

Berikut adalah 2 video yang dikirimkan dari kelompok tersebut:

1. Kelompok tim harber 1, dengan tema sangkar pintar , video dapat dilihat disini

2. Kelompok tim harber 2, dengan tema Smart Door , video bisa dilihat disini.

Setelah proses berjalan maka ada pengumuman pada tanggal 24 Juli 2023 bahwa kelompok tim harber 1 lolos menjadi finalis dan masuk ke tahap selanjutnya.







Pengumuman hasil lomba dilakukan secara online pada tanggal 27 Juli 2023, pada upacara penutupan. Dan pada pukul 16.00 diumumkan bahwa tim harber 1 memperoleh juara 2 untuk lomba produk inovasi.

Kita gemakan Politeknik Harapan Bersama menjadi juara di berbagai sektor.

Selamat berjuang para civitas academika....





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5