Kontribusi Computer Festival terhadap Teknologi Dalam Rangka Perayaan Ulang Tahun Prodi DIII Teknik Komputer PHB

Teknologi merupakan salah satu hal yang tidak dipisahkan dalam kehidupan manusia, dimana perkembangan teknologi sangat pesat. Awal teknologi yang dikenal adalah dari teknologi sederhana hingga saat ini teknologi serba digital. 

Hal ini menuntut manusia bahwa teknologi bukan lagi suatu hal yang mewah, tetapi sudah menjadi suatu kebutuhan. 

Program Studi DIII Teknik Komputer merupakan salah satu program studi teknik yang memiliki konsetrasi di bidang teknik komputer khususnya untuk kompetensi hardware, software dan jaringan, dan lebih fokus lagi untuk mendalami internet of things.

Berdirinya program studi DIII Teknik Komputer yakni sejak berdirinya Politeknik Harapan Bersama, tepatnya pada tanggal 8 Agustus 2002, maka hari ulang tahun program studi bersamaan dengan dies natalies Politeknik Harapan Bersama. Tahun-tahun sebelumnya memang ulang tahun program studi belum diselenggarakan dengan kegiatan yang banyak, tetapi membersamai dies natalis PHB, tapi untuk tahun ini agenda tersebut diisi dengan kegiatan computer festival yang biasanya diselenggarakan di bulan November bertepatan dengan hari teknologi. Computer Festival tadinya memiliki nama Engineering Computer Festifal atau disingkat e-comfest tetapi karena ejaan ini tidak sesuai dengan kaidah penulisan bahasa inggris maka tahun ini berubah menjadi computer festival saja. Comfest ini biasanya tiap tahun diadakan, tetapi sejak tahun 2020 , atau semenjak pandemi covid, comfest ini vakum. Tahun 2019, pencapaian comfest yakni menyelenggaran lomba produk unggulan yang diikuti oleh pesertanya berasal dari beberapa SMK atau PT di Jawa Tengah, dan saat itu merupakan suatu terobosan bahwa adanya pameran teknologi di Kota Tegal yang diselenggarakan oleh sebuah Perguruan Tinggi.


Maskot Comvfest

Tujuan Pelaksanaan Comvfest adalah memberikan kontribusi ilmu pengetahuan teknologi kepada sivitas akademika dan masyarakat dalam rangka memanfaatkan teknologi yang bijak dalam kehidupan sehari-hari.

Computer Festifal tahun ini dilaksanakan bertepatan dengan hari lahir program studi DIII Teknik Komputer dengan kepanitian segenap dosen Program Studi dan mahasiswa Himaprodi DIII Teknik Komputer.

Comvfest ini dibuka oleh perwakilan dari WD III yakni Ibu Iin dengan simbolis memukul gong pertanda dimulainya acara rangkaian comfest 21

Rangkaian acara Computer Festifal adalah rangkaian seminar dan pameran produk unggulan hasil karya mahasiswa Prodi DIII Teknik Komputer yang menyelesaikan Tugas Akhir di Tahun Akademik 2022/2023


A. Rangkaian Seminar

Pelaksanaan seminar dan workshop dilakukan berturut-turut selama 3 hari dengan narasumber dari praktisi industri, dosen program studi DIII Teknik Komputer, mahasiswa program studi DIII Teknik Komputer serta alumni program studi DIII Teknik Komputer. 

Adapun tema seminar dan narasumber adalah sbb: 

  1. Seminar hari pertama mengusung judul Pengenalan internet of things dengan 3 narasumber yakni Miftakhul Huda, M.Kom, Adjie, Amd.Kom, dan Ummu Ghaidaah)materi dapat diunduh pada link https://drive.google.com/drive/folders/1BKh7-YS72wST4Qs8NoS-SPeyeJ4-Sx-b
  2. Seminar hari kedua mengangkat tema Keamanan Jaringan dengan narasumber 
  3. Seminar hari ketiga Rama Sahid http://bit.ly/m/ramasahid

B. Lomba Produk Unggulan Tugas Akhir Mahasiswa Prodi DIII Teknik Komputer PHB Tahun 2023 

Lomba ini merupakan pameran dari produk tugas akhir mahasiswa prodi DIII Teknik Komputer, yang terdapat 100 lebih produk mahasiswa yang TA tahun ini yakni sebanyak 256 mahasiswa, dan yang unggul dan diikutkan pada lomba kali ini ada 26 produk, seperti terlihat pada tabel berikut:



Pemenang akan diberikan penghargaan pemenang dan uang tunai sebagai reward seperti terlihat di bawah ini: 


 juara 1 mendapatkan uang tunai senilai Rp.450.000,- 

juara 2 mendapatkan uang tunai senilai Rp.300.000,-

juara 3 mendapatkan uang tunai senilai Rp.200.000,-

juara/harapan mendapatkan uang tunai senilai Rp.100.000,-

Tim Juri untuk Lomba Produk Unggulan adalah ; 1)Bp.Rais, S.Pd, M.Kom selaku dosen prodi DIII Teknik Komputer dan juga juri TTG Kota Tega, 2) Bp. Ade Prasetyo, S.PD, MT selaku guru SMK N 3 Tegal dan juga juri TTG Kota Tegak, dan yanga 3) Bp.Dr.Aldi Budi Riyanta, M.Sc. 

Adapun dokumentasi penjurian untuk lomba produk unggulan ada di sini

Acara puncak, syukuran dan persembahan musik dari UMKM dan alumni, dimana acara ini dilakukan di sport center pada hari Jumat ,jam 19.00 wib. Dihadiri segenap sivitas akademika. Dalam acara syukuran tersebut ditandai potong tumpeng yang dilakukan oleh Ketua Program studi yang didampingi WD 2 dan WD 3, dan potongan tumpengdiberikan kepada pejabat Ketua program Studi DIII teknik komputer sebelumnya yakni Bapak Arfan Haqiqi Sulasmoro, M.Kom dan Bapak Rais, S.Pd, M.Kom.



Luaran Comfest:

  1. Mahasiswa dan  peserta umum yang berasal dari siswa SMA/SMK serta tokoh masyarakat mampu meningkatkan pengetahuan di bidang internet of things, jaringan dan digital marketing
  2. Memperkenalkan project mahasiswa kepada masyarakat luas umumnya dan khususnya bagi seluruh program studi di lingkungan PHB

Harapan Comfest

Acara ini cukup memberikan kontribusi yang baik terhadap teknologi, misalmya saja meningkatkan wacana siswa dan mahasiswa tentang penerapan internet of thing (IoT) di kehidupan sehari-hari, lebih hati-hati terhadap penggunaan gawai karena mereka telah dikenalkan tentang cybernet atau serangan hacker, dan juga dapat membuka wacana untuk memasuki dunia enterpreneur.

Acara ini hendaknya dapat dilakukan setiap tahun karena memang perkembangan teknologi bisa dikatakan amat sangat cepat, jika kita tertinggal maka kita yang akan ditinggalkan oleh teknologi tersebut.

Tak banyak yang bisa dicapai dalam kegiatan 3 hari ini, tetapi minimal kita sebagai pejuang pendidikan telah memberikan kontribusi terhadap teknologi dan mencoba memberikan solusi terhadap gap atau kesenjangan yang terjadi antara dunia kerja dengan luaran dunia pendidikan/alumni.

Adapun semua dokumentasi yang telah dilakukan oleh tim Panitia khususnya mahasiwa yang tergabung di Rana terdapat pada gdrive ini.


dokumentasi seminar hari ke-1





Dokumentasi seminar hari ke-2














Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5