Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru
Good morning Brisbane.....
Bersyukur atas nikmat-Mu YA Rabb hingga perjalanan ke Brisbane lancar hingga detik ini, dan ini hari kedua sampai di Brisbane dan mulai untuk memulai kunjungan ke TAFE Queensland.
Yuks...kita coba kupas tentang Australia
Australia terdiri dari 6 negara bagian dan 2 wilayah otonom. Berikut adalah daftar negara bagian di Australia:
- New South Wales (NSW)
- Victoria (VIC)
- Queensland (QLD)
- South Australia (SA)
- Western Australia (WA)
- Tasmania (TAS)
Selain itu, terdapat juga 2 wilayah otonom yang dikenal sebagai Wilayah Ibu Kota Australia (Australian Capital Territory/ACT) dan Wilayah Utara (Northern Territory/NT). Wilayah-wilayah ini memiliki pemerintahan lokal, tetapi pemerintahan federal juga memiliki kewenangan dalam banyak aspek di wilayah tersebut.
Queensland adalah sebuah negara bagian yang terletak di bagian timur laut Australia. Terkenal dengan julukan "The Sunshine State", Queensland memiliki beragam karakteristik yang mencakup pantai-pantai indah, hutan hujan tropis, kota-kota modern, serta ekosistem alam yang unik. Berikut adalah beberapa ciri yang menggambarkan negara bagian Queensland:
- Pantai yang Menakjubkan: Queensland dikenal dengan pantai-pantai yang memukau, seperti Pantai Surfers Paradise di Gold Coast dan Pantai Whitehaven Beach di Pulau Whitsunday. Pantai-pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air biru yang jernih, menciptakan pemandangan yang menakjubkan.
- Kota-kota Utama: Brisbane adalah ibu kota negara bagian ini, terletak di tepi Sungai Brisbane. Kota ini merupakan pusat budaya, bisnis, dan hiburan. Selain itu, Gold Coast juga terkenal sebagai tujuan liburan populer dengan taman hiburan, kasino, dan kehidupan malam yang aktif.
- Keanekaragaman Alam: Queensland memiliki beragam ekosistem alam, termasuk hutan hujan tropis Daintree yang sangat kaya biodiversitasnya. Wilayah ini juga mencakup Great Barrier Reef, terumbu karang terbesar di dunia, yang menyediakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna laut.
- Taman Nasional: Negara bagian ini memiliki berbagai taman nasional yang memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi alam liar dan melihat satwa liar seperti kanguru, koala, dan burung-burung eksotis.
- Iklim Tropis: Iklim di Queensland cenderung tropis dengan musim panas yang hangat dan lembab serta musim hujan. Iklim ini membuatnya menjadi tujuan liburan yang populer sepanjang tahun.
- Aktivitas Luar Ruangan: Queensland menawarkan berbagai aktivitas luar ruangan seperti selancar, snorkeling, menyelam, hiking, dan bersepeda gunung. Ada banyak pilihan untuk para petualang dan pecinta alam.
- Warisan Aborigin dan Torres Strait Islander: Wilayah ini juga memiliki warisan budaya yang kaya dari suku-suku Aborigin dan Torres Strait Islander. Banyak tempat bersejarah dan budaya yang dapat dikunjungi untuk memahami lebih dalam tentang budaya asli Australia.
- Industri Pertambangan: Queensland juga memiliki industri pertambangan yang penting, terutama pertambangan batu bara dan gas alam. Kegiatan ini memiliki dampak ekonomi yang signifikan bagi negara bagian ini.
Secara keseluruhan, Queensland adalah negara bagian yang menawarkan kombinasi yang menarik antara alam, budaya, dan aktivitas modern. Dengan kekayaan alam yang melimpah, iklim yang menyenangkan, serta berbagai atraksi dan aktivitas, negara bagian ini menjadi tujuan populer bagi wisatawan lokal maupun internasional.
Pagi ini , sesuai dengan jadwal maka kami akan melakukan kunjungan ke TAFE di hari pertama, yakni jam 8.00 waktu Setempat. Untuk kunjungan di TAFE ini, Ibu Evi Sofiati menjadi leader kami dan sekaligus komunikasi langsung dengan pihak TAFE. Ibu Evi juga mewakili dari pihak yayasan PHB.
Kami turun ke lantai 1 , sekitar jam 7 pagi dan sarapan buffet di hotel. Tersaji buah lengkap dan segar, makanan khas Australia, dan tentunya tidak ada nasi dong....
Saya ambil buah, kentang, srcumble dan sosis ayam.
Pukul 8 lebih kami berjalan menuju TAFE yang hanya beberapa blok dari Novotel Hotel.
Kami berfoto didepan TAFE dan kemudian disambut oleh Anie, untuk memulai kegiatan pagi ini.
TAFE Queensland, also known as Technical and Further Education Queensland, is a government-owned and operated vocational education and training (VET) provider in the state of Queensland, Australia.
It offers a wide range of courses and programs designed to equip students with practical skills and knowledge for various industries and occupations. TAFE Queensland operates across multiple campuses and locations throughout the state, providing education and training in areas such as:
- Trades and Construction: Courses related to building and construction, automotive mechanics, plumbing, electrical work, and more.
- Business and Management: Programs covering business administration, marketing, project management, human resources, and other management-related subjects.
- Health and Community Services: Training for healthcare professionals, aged care workers, child care providers, and other roles within the community services sector.
- Information Technology: Courses in programming, networking, cybersecurity, web development, and other IT-related fields.
- Hospitality and Tourism: Training for careers in hospitality management, culinary arts, tourism operations, and related industries.
- Creative Arts and Design: Programs in areas such as graphic design, animation, photography, and other creative disciplines.
- Education and Training: Courses for those interested in becoming educators, trainers, or facilitators in various settings.
- Engineering and Manufacturing: Training in fields like engineering technology, manufacturing processes, and mechanical engineering
KUNJUNGAN KE CAMPUS TAFE hari ke-1
Penyambutan oleh Aniie
Kami disambut oleh Annie, dan bertemu di pintu masuk TAFE. Kami sampai di TAFE sekita pukul 8.30 atau jam 9 kurang, maka kamu berfoto dulu dan berkoordinasi sebentar dan berdoa.
Setelah bertemu Annie, kami dipandu ke sebuah gedung, dan kami melewati beberapa blok, dan kami diabwa ke sebuah ruangan rapat. Kami diperkenalkan dengan Miss Hanny Lane, Miss Suzzane Smith (KoK), ada dua orang lagi di TAFE.
Mereka memaparkan tentang pengenalan program-program dari Kampus TAFE dan beberapa gambaran pencapaian mereka.
Survey pembelajaran di English course
Setelah pengenalan selesai, kami diperkenalkan dengan Mr.Dane, beliau merupakan trainer di English course, dan memaparkan jadwal serta program-program atau tahapan pada English Course. Dan sampailah kami pada tour kelas pembelajaran di English Course, yakni tour dimulai dari lantai 7, salah satu di blok tersebut.
Dalam satu kelas terdapat 16 mahasiswa dengan satu trainer, dan dilakukan secara praktik, dengan durasi pertemuan sekitar 2 jam dilakukan pertemuan 2 kali dalam seminggu.
Makan siang
Setelah selesai tour, kebetulan waktu sudah menunjukkan waktu makan siang, maka kami diantar untuk melakukan ibadah, di prayer room. Tidak mudah menelukan mushola di Brisbane ini, karena memang muslim merupakan kaum minoritas, tetapi di lingkungan kampus TAFE, di salah satu blok diberikan ruangan khusus untuk muslim, dilengkapi dengan tempat wudlu, walaupun tempat wudhlu dalam area terbuka, tetapi bagi kaum muslimah bisa melakukan wudlu di toilet atau rest , yang kebetulan rest room ada di seberang prayer room.
Rest room di seluruh Brisbane itu amat bersih dan rapi.
Setelah itu kami melanjutkan perjalan ke sebuah cafe, yang memang ini adalah tempat praktik mahasiswa cookery dan hospitality. Kami disajikan menu nasi dan salad, dengan sajian penutup es krim yang sangat lezat. Semua makanan dimasak di dapur yang dihasilkan oleh mahasiswa cookery course, dan semua pramusaji juga mahasiswa hospitality dengan dibimbing oleh satu manager restoran. PAda pagi hari, cafe ini biasanya digunakan untuk coffee break bagi pengunjung, baik dari mahasiswa atau trainer.
Beberapa obrolan yang ada di meja makan kami , berinteraksi dengan Annie, Suzzane dan Jane ( kalau tidak salah namanya ini)
Survey ke Bisnis Course
Tour selanjutnya adalah ke Bisnis course, yang ada beberapa blok dari cafe, setelah itu kami melakukan tour di bisnis course, dan sampailan kami masuk ke sebuah kelas yang sedang melakukan pembelajaran bisnis, dimana mahasiswa sejumlah sekitar kurang dari 10 sedang mendapatkan materi pembuatan jurnal keuangan dengan menggunakan tools Excel, kalau tidak salah sedang memanfaatkan macro Excel dalam pembuatan jurnalnya.
Waktu menunjukkan pukul 15.00 waktu setempat, dan kunjungan hari pertama untuk course selesai, Dan kami dibawa untuk berjalan-jalan ke south east oleh Miss Hanny.
Lanjut jalan jalan di Sout East 3
Untuk jalan-jalan ini , Miss Hani dan bu Evi yang memandu kami, kami melewati taman-taman sebagai tempat publik yang sangat nyaman bagi pejalan kaki, ataupun untuk belajar di ruangan terbuka. Ada tempat berenang di publik area, dan beberapaa taman tempat untuk membaca sambil bersantai menikmati indahnya suasana kota Brisbane.
Kemudian kami menyusuri jalanan sungai Brisbane, dan berfoto-foto untuk mengabadikan moment kebersamaan kami selama kunjungan ini.
Kami juga melewati park land, sebuah taman yang menjadi icon kota Brisbane, dengan wind mill yang menjadi salaha satu daya tarik pengunjung disana.
Berburu Oleh - oleh
KUNJUNGAN KE CAMPUS TAFE hari ke-2
Kunjungan kedua mengunjungi beberapa course:
- Hospitality, gedung TAFE di South Bank
- System Information , gedung TAFE di South Bank
KUNJUNGAN KE CAMPUS TAFE hari ke-3
ruangan demo masakan, seperti layaknya demo memasak di master chef
PROPOSED
1. Apa2 yg dipelajari hari ini selama kunjungan di tafe?
Chat GPT menjabarkan TAFE adalah gambaran diatas. Saat masuk TAFE itu sebuah kawasan kampus yang terdiri beberapa gedung dengan terbagi beberapa blok..sejauh aku menilai.
Gedung cukup represntative, dimana TAFE ini memiliki sekitar 135 ribu mahasiswa dengan 60 cabang di seluruh Queensland. Sebuah tempat kursus yang represntatif, dengan kampus penuh asri.
TAFE jika di Indonesia seperti lembaga kursus ya...tapi ini skala Nasional sehingga adanya dana dari pemerintah untuk lembaga pendidikan ini. Dan dari wawancara kami dengan Miss Henny lulusan TAFE harus memiliki standarisasi masuk ke lembaga pemerintahan, karena lulusannya 80% harus bisa diterima bekerja di pemerintahan, jika tidak ada konsekuensi tertentu.
Course yang dijelaskan pertama adalah English Course, dengan menempati satu gedung berlantai 7 dengan semuanya adalah kelas dan pelayanan untuk mahasiswa.
Pembelajaran satu tahun di TAFE itu selevel dengan diploma 3 dan 2 tahun di TAFE selevel dengan S1. Tetapi memang fokus satu keteranpilan dan hingga mahir.
2. Apa gap antara tafe dan PHB?
Gap? adanya kesenjangan antara TAFE dan PHB memang ada, karena memang banch marking nya atau perbandingan latar belakang yang berbeda. Jika kita mengesampingkan banch marking, fokus pada kurikulum dan pembelajaran di TAFE, gapnya adalah teknologi yang digunakan , terutama sarana dan prasarana sudah mapan di TAFE, sehingga untuk mengadopsi pembelajaran yang sesuai dengan dunia industri dapat dilakukan dengan baik, dengan adanya kerjasama dengan berbagai instansi. Selain itu juga semua berjalan dengan kendali oleh sistem yang sudah mapan juga.
3. Apakah ada pelajaran dr tafe yg bisa kita terapkan di PHB?
Pembelajaran yang mungkin bisa diadopsi adalah cara pembelajaran yang sangat adaptif dengan industri, jumlah mahasiswa di kelas tidak terlalu banyak, menyesuaikan sarana dan prasarana , dan juga pengajar yang kompeten, serta kolaborasi dengan dunia industi yang related dengan prodinya.
4. Apa rencana bapak ibu dlm mengatasi gap tsb?
Rencana mengatasi gap:
- merupakan aset besar bagi tiap prodi, oleh karena titik fokus pembelajaran yang harus diperhatikan. Dengan banyaknya mahasiswa yang masuk ke Prodi DIII Teknik Komputer tidak semua memiliki passion yang sama, beda halnya dengan yang mendaftar ke TAFE sudah yakin dengan passionnya, oleh karena itu perlu adanya penyaringan passion dari tiap mahasiswa sehingga minimal adanya mapping bakat atau minat dari sejumlah mahasiswa yang ada.
- Meningkatkan sarana dan prasaran alat praktek , tools pembelajaran yang sesuai dengan indussti untuk mengurangi gap antara lulusan dan industri
- Peningkatan SDM baik dari dosen tetap atau memberikan jam dosen praktisi untuk langsung mengajar atau memberikan project bagi mahasiswa
5. Bagaimana rencana no.4 tsb dpt kita realisasikan?
- melakukan maping passion mahasiswa
- meningkatkan tools pembelajaran , dan sarana dan prasarana untuk menunjang berjalannya tools tersebut
- dosen menguprgrade dan berkolaborasi dengan dunia industri
6. Apa rekomendasi bapak ibu ke institusi?
Rekomendasi untuk institusi yakni untuk banch marking pembelajaran yang berbasis praktikum atau praktik atau project, TAFE merupakan gambaran pembelajaran satu kompetensi prodi yang berhubungan, maka hal ini menjadi bagian dari peningkatan serkom untuk mata kuliah tertentu yang sesuai dengan kurikulum program studi
7. Apa kesan bapak ibu dg kota brisbane hari ini?
Kota Brisbane sangat tertata rapi, tidak terlalu ramai tetapi sebuah kota yang cukup maju untuk perkembangan pendidikan, dimana banyak universitas dan lembaga kursus seperti TAFE disini, dan juga budaya kemandirian serta disiplin menjadi suatu hal yang cukup baik menjadi contoh.
Komentar
Posting Komentar