Membuka Wacana menuju Hibah Kelapa Sawit, Studi Banding Polliteknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi

Ini terinspirasi dari beberapa tokoh di PELITA yang berkomunikasi dari oboelan singkat di angkringan saat RAKOR PELITA, dan akahirnya membuka wacara kepada Bapak Ginanjar Selaku WD 4 untuk PHB bisa membuka jalur di hibah sawit ini.






Para tokoh dari Politeknik CWE ini sudah bergelut di dunia sawit sejak tahun 1983 di Sulawesi  Barat, ke Sumatra, ke Kaltim, kemudian jajaran manajemen di grup, maka tahun 2003 didirikan poltek CWE, tapi ijin dari pendidikan beropersi keluar di tahun 2006 dengan 3 prodi budidaya lahan, teknologi pengolahan, manajemen logistik , ketiga prodi ini adalah tingkat D3.

Beberapa tahun terakhir adanya d4 utk teknologi produksi tanaman perkebunan, D4 teknologi RPL perkebunan.

Studen body saat ini ada 700 , ciri khas dari mhs berasalan luar Jawa, mahasiswa yang lolos beasiswa BPDP kelapa sawit, dimana bisa saja mereka berasal dari anak petani sawit, SDM atau pekerja dari PT di Kelapa Sawit, atau lainnya. Walaupun ada pula yang bukan mahasiswa beasiswa, atau dari luar. Tetapi mahasiwa tersebut dijadikan satu kelas.

Fokusnya adalah didunia sawit, menurut Pak Nugroho, semua bagian dari sawit itu berguna, tidak ada yang terbuang, selain dapat menghasilkan minyak sawit, cangkangnya juga bisa jadi pupuk kompos bagi perkebunannya, sisa hasil pengolahan minyka sawit yang berupa lumpurpun dapat diolah menjadi pupuk cair. 

Untuk BPDP ini memang cukup memberikan kesemaptan dnegan meningktanya peserta dari 2000 menjadi 4000, tetapi disisi lain harus siap malakukan dana talangan, karena biasanya da akana turun sebulan setelah pembelajaran berjalan.

Dan kehidupan kita tidap bisa lepas dari sawit, itulah mengapa Poltek CWE ini fokus pada kelapa sawit. 

Dosen Polte CWE dari praktisi perkebunan dan akademisi.

Perkenalan dr PHB
Tim dari  Tegal, WD 1 , WD 4 , Ka. P3M dan Ka Prodi dari prodi D3 mesin, D3 elektro, D3 teknik Komputer dan D3 Akuntansi.

Tuuuan kunjungan PHB ke Poltek CWE
1. Silaturahmi, membangun kerjasama yg jauh lagi
2. Meeelaisasikan kerjasama yg sudah terjalin

BPDP pesertany meningkat yakni dari 2000 ke 4000 
Penyerapan dana tidak.kecil.amka.konitoringnya cukup kuat, yakni tim Pokja.
Pendaan ekpors kelapa sawit lumayan besar, salah satunya adalah utk SDM, yg sekarang dilakukan oleh Poltek CWE
Yakni beasiswa nak petani kelapa sawit dan training bagi petani, bagi guru.

Suka dukanya antara alaind Engan Adana talangan, sebelum pencairan dilakukan
Penyelenggaraan pendidikan SDM  ini harus bisa memastikan luaran kompetensi dari lulusannya dan proses pembelajaran.

Akselerasi pendidikan vokasi,  dengan kebijakan pemerintah, dengan adanya dari Kadin

Hikurusasi sangat dibutuhkan di dunia industri saat ini, pemerintah , industri dan pendidikan harus bersinergi, trihelix. Utk lentahelix. Komunitas tanaman organik dan media sosial


Untuk petani sawit..butuhnya apa y? Oleh karena itu menurut Pak Wendi yang sekarang di Kadin dan jua amerupakan salah satu dosen di Poltek Bina Insani, mengatakan perlunya dibuat peta okupasi kebutuhan di dunia perkebunan kelapa sawit ini sehingga dunia pendidikan dapat mengerti arah kerikulum pendidikan, penelitian atau bahkan pengabdian masyarakat yang dibutuhkan di dunia perkebunan kelapa sawit. Untuk itu Poltek HArber, Polterk CWE, serta Poltek BIMA dan Kadin bisa berkolaborasi untuk membuat peta okupasi tersebut.

Hasil diskusi dengan Bapak Aang selaku wakil dari Poltek CWE yang mengajukan hibah SDM :
  1. Untuk beasiswa SDM BPDP akan dilakukan Sosialisasi 13,14,15 Des  Hanya utk yg lama pernah kita, tpmkrn semua ini umum, mekanisme akan dilaunching di website. Proposal.dikirim.ke email...setelah itu ada panggilan utk presentasi proposal, Utk yg tgl 13 ini yg diundang adalah AKP Jogja,instiper,LPP Jogja, insti sawit Medan, cwe, poltek Kampar, unpri Medan, IPB, poltek ati padang, PT Ki Medan, poltek Aceh,polbangkan Medan ,pralawan,kaltex Riau, Unis NU Kalbar, calon lembaga penyenggara PT PKS. Saram, begitu masuk ke PDP, ke hub kontak person, bahwa ingin berpartisipasi
  2. untuk menaakses laman Bpdp.or.id, dimana disana ada beberapa kegiatan yang bisa diikuti oleh PHB, bukan hanya beasiswa BPDP saja, tetapi juga grand sawit yakni hibah untuk penelitian di kelapa sawit untuk mahasiswa atau dosen, dan juga bisa juga untuk mengajukan kegiatan seminar yang bisa ditawarkan kepada mereka. Bedanya jika Beasiswa BPDP  dan grand sawit itu memiliki waktu yang sudah ditentukan tetapi jika pengajuan kegiatan webinar atau seminar bisa kapan saja, jadi tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pengabdian masyarakat.
  3. Tahapannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini
  4. Fokus penilaian dari reviewer adalah harus berfokus pada kelapa sawitm baik kurikulum ataupun nama mata kuliah yang disajikan di proposal ajuan beasiswa BPDP. Yang biasanya akan ditanyain..tentang lutlrammya kompetensi nya








Setelah diskusi kunjungan ini diakahiri dengan tour kampus, kami ke lab bangku mesin, lab komputer, perpustakaan, gedung 2 yang digunakan sebagai perkuliahan dimana gedung 2 terdiri dari 8 lantai dengan fasilitas lift untuk para civitas akademika. Setelaha itu foto bersama.

Masih banyak kesempatan terbuka luas untuk memasuki dunia hibah di kelapa sawit ini, sehingga masih dibutuhkan kita untuk bisa melakukan eksplorasi di bidang kelapa sawit ini.

Inilah oleh-oleh studi banding ke Poltek CWE, dimana kunjungan dilakukan pada hari Rabu, 6 Desember 2023. Perjalanan akhir tahun ini semoga membawa kebermanfaatan  bagi kita semua , terkhusus bagi program-program pendidikan di PHB. 




















Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5