Persiapkan lulusan yang siap menghadapi era industri 4.0

Assalamualaikum.Wr.Wb

 


Tidak terasa sudah di penghujung tahun 2023, dan tahun akademik sudah 2023/2024 sudah memasuki waktu untuk mahasiswa semester akhir di program studi DIII Teknik Komputer harus mengajukan judul tugas akhir. Seperti biasanya di akhir tahun ini memang sudah menjadi rutinitas, mahasiswa semster akhir mulai melakukan mengajukan judul sebagai langkah awal dari rangkaian pelaksanaan tugas akhir yang akan diambil di semester 6.



Mahasiswa angkatan 2021 sebanyak 190 mahasiswa akan melaksanakan project tugas akhir. oleh karena itu pada tanggal 24 November tahun 2023 telah diadakan sosialisasi pelaksanaan tugas akhir sekaligus mempersiapkan mental para mahasiswa dalam menghadapi project tugas akhir ini.



Adapun kegiatan sosialisasi ini adalah :

1. memberikan gambaran cara upload proposal tugas akhir

2. alur pengajuan TA hingga sidang TA

3. Judul apa saja yang kiranya bisa diterima sebagai TA yang baik

4. Waktu pengjuan judul TA hingga ujian

5. Skema komversi dari kegiatan kampus merdeka ke mata kuliah TA

Melihat timeline waktu MSIB maka sesuai dengan pelaksanaan Tugas Akhir

Acara selanjutnya adalah materi dari fasilitator Bapak Bayu Fiantoro, S.Psi, sebagai psikolog , beliau memberikan motivasi dan memberikan gambaran bagaimana mensikapi pelaksanaan Tugas Akhir ini. Saat awal, beliau meminta para mahasiswa untuk menutup mata dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Bapak Bayu, dengan cara angkat tangan. Beberapa pertanyaan yang diajukan antara lain:

1. bagaimana TA ini menurut saudara, pilih salah satu, mudah, biasa atau sulit. Jawaban audiens adalah 10 persen menjawab mudah, 50% menjawab biasa, dan 40% menjawab sulit.

2. sejauh mana TA ini akan mendukung masa depan anda , apakah sangat cerah, biasa, atau suram, dan jawaban audiens 40% menjawab sangat cerah, 30% menjawab biasa dan 10% menjawab sulit.

3. sejauh mana dna percaya TA ini akan perpengaruh pada kerja anda nantinya?

yang menjaawab berpengaruh ada 30% dan tidak berpengaruh 70%. 

Di akhir sesi , Narasumber membagikan gambar kepada semua audien, dan meminta audiens untuk mengartikan gambar yang didapatkannya.

Sesi ini cukup diikuti mahasiswa dengan cukup antusias, semoga antusias ini juga yang akan dijalani mereka saat pelaksanaan tugas akhir.




Selamat berproses pejuang Tugas Akhir, semoga anda akan menjadi wisudawan ti tahun 2024.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5