Prodi DIII Teknik Komputer Persiapkan Peningkatan Kompetensi Hardskill Siswa tingkat SLTA melalui workshop IoT

 Perkembangan Intenet of Things di era 4.0

Perkembangan internet of things di era industri 4.0 sangat penting sekali, dimana semua sisi kehidupan sudah berbasis digital. Kata Digitalisasi sangat kental sekali dengan era saat ini, khususnya bagi generasi muda yang saat ini dikenal dengan nama Generasi Z. 

Peralatan canggih sudah lagi bukan lagi barang yang susah ditemukan, hampir semua peralatan sudah berbasis digital atau dengan kata lain, semua sudah bisa kita kendalikan dari smartphone kita. Tak heran jika kita menggunakan kata gagap teknologi jikalau kita tidak memanfaatkan teknologi untuk kehidupan kita.

Benar kiranya jika kita tidak bisa memanfaatkan teknologi maka kita akan tergilas oleh derasnya arus teknologi yang amat sangat cepat. Kata smart, seringkali kita dengar, kata itu sudah lazim menyertai sebuah benda, jadi yang pintar sudah bukan lagi manusianya saja, tetapi benda-benda sekitar kehidupan manusia pun sudah diseting cukup pintar dengan adanya teknologi internet of things yang masih merupakan bagian dalam penerapan AI, seperti smartcity, smarthome, smartphone, smartwatch dan masih banyak lagi.

Dengan latar belakang inilah maka pengenalan IoT kepada generasi muda sangat penting, agar mempersiapkan generasi Generasi Z menjadi pelaku dan perancangan teknologi di era industri 4.0 atau nanti saat munculnya era industri 5.0.

Pentingnya peningkatan hardskill bagi siswa SMA/SMK

Siswa SMA/SMK merupakan bagian dari generasi Muda yang bisa menjadi representatif dari generasi Z. Beberapa pengenalan IoT sudah dilakukan di pengabdian-pengabdian semester sebelumnya, maka pengabdian masyarakat ini akan memberikan pengenalan dan wacana praktik lebih jauh tentang implementasi sederhana dari intenet of things yang sering digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Pada pengabdian masyakarakat kali ini berjudul Peningkatan Kemampuan Sisiwa Dalam Implementasi Modul Internet Dengan Interface Cloud untuk siswa SMK di daerah Tegal dan sekitarnya. 

Adapun pengabdian masyarakat ini dilakukan pada hari Selasa, tanggal 9 Januari 2024, dan diikuti oleh 31 peserta yang berasal dari MAN 1 Brebes, SMA N 3 Tegal, SMA Ma'arif Bulakamba, SMK N 3 Tegal, SMK Al Irsyad, SMK Al-Muhamadiyah Larangan, SMK Karya Bhakti, SMK N 1 Slawi, SMK N 1 Adiwerna, dan SMK Peristek Pangkah. Masing-masing SMK atau pun SMA mengirimkan minimal 2 peserta mengingat kuota maksimal yang dibuka untuk pengabdian kali ini adalah 30 peserta.






Materi yang diberikan pada pengabdian kali ini adalah pengenalan lebih lanjut tentang internet of things, pengnealan tentang cloud computing, instlalasi, librari dan praktik membuat project iot sederhana. 

Adapun kerangka pemecahan masalah dalam pengambdian masyarakat ini adalah sebagai berikut:

  1. Tahap 1, analisis hasil PKM sebelumnya di beberapa SMK tentang pengenalan IoT. Dimana para siswa yang pernah mengikuti palataihna atau PKM tersebut mengajukan keikutsertaan lagi pelatihan lanjutan. Selanjutnya menentukan subpokok pelatihan yang akan diberikan ke iswa tersebut.
  2. Tahap 2, Memetakan sekolah-sekolah yang akan dikirmkan surat atau flier kegiatan PKM
  3. Membuka pendaftaran melalui link gform yang dituliskan di flier
  4. Persiapan materi pelatihan dan tools yang dibutuhkan
  5. Pelaksanaan PKM dengan melakukan pre test terlaebih dahulu dan kemudian dilanjutkan dengan posttest.

Adapun materi untuk pkm inindapat diakses di sini

Dari pengabdian Masyarakat ini, peserta mampu memahami tentang gambaran IoT, melakukan instalasi Arduino IDE, library ESP8266, dan langsung mengimplementasikan contoh kasus tentang menyalakan lampu otomatis dengan server lokal, dengan memanfaatkan IP ESP. 

##ida##2024#



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5