Tumbuhkah Jiwa Enterpreneur Mahasiswa melalui Kunjungan Kerja Lapangan Prodi DIII Teknik Komputer

 Sejauh mana implementasi industri IoT dan informatika di era 4.0 di dunia industri?

Angka pengangguran lulusan vokasi dinilai masih tinggi. Tingkat keterserapan lulusan vokasi masih berada di bawah 50 persen. Apa sih upaya sebuah Perguruan Tinggi untuk bisa meningkatkan keterserapan lulusan vokasi di dunia industri ini? Berbagai upaya dilakukan agar keterserapan semakin tinggi di tahun-tahun berikutnya. Salah satu kegiatan untuk mengurangi gap yang terjadi antara lulusan dengan kebutuhan dunia industri dengan melaksanakan Kunjungan Kerja Lapangan ke dunia industri yang sangat dekat dengan jurusannya.


Pemberangkatan peserta KKL Prodi DIII Teknik Komputer 22 Januari 2024

Prodi DIII Teknik Komputer melakukan KKL bagi mahasiswa semester 5. KKL dilakukan dengan tujuan memberikan gambaran tentang aplikasi teknik komputer di dunia industri saat ini. KKL dilakukan ke Surabaya dengan tujuan kunjungan 4 perusahaan yakni Ke PT.Molca Nusantara, Dinas Kominfo Surabaya, PT. Yakult, dan PT. Ajinomoto. 

Kunjungan yang dilakukan ke PT.Molca dilakukan juga penandangatangan MoU, MOA dan AI sejalan dengan KKL yang dilakukan, PT.Molca ini bergerak di dunia starup sehingga kerjasama ini membuka peluang bagi mahasiswa yang akan melakukan magang industri ataupun sharing  ilmu virtual reality untuk dunia kerja untuk memperluas pengetahun di  bidang pendidikan dan juga penelitian bersama. Adapun kunjungan ke Dinas Kominfo Surabaya juga memberikan gambaran kepada mahasiswa terkait  smartcity, sehingga perkembangan teknologi di dunia transportasi juga dapat diketahui oleh mahasiswa. Kunjungan ke PT.Yakult dan PT.Ajinoto memberikan gambaran ke mahasiswa tentang implementasi teknik komputer terkait otomatisasi yang diterapkan di dunia produksi produk, disini mahasiswa diajak tour ke bagian produksi dan pengolahan limbah industri, serta pelaksanaan Keselalatan dan Kesehatan Kerja di bagian produksi. Selain mengunjungi pabrik dan perusahaan star-up, mahasiswa Prodi DIII Teknik Komputer melakukan kunjungan ke Bali untuk mengetahui dunia pariwisata saat ini, dimana teknik komputer pun berperan dalam industri wisata.

Acara ini diisi oleh beberapa narasumber dari perusahaan-perusahaan yang kami kunjungi. Paparan tentang Virtual reality di bidang industri ini dipaparkan oleh 3 narasumber yakni Adzhani Ranzandistiawan, S. T dan tim.



Adanya perkembangan teknologi di dunia industri 4.0 mendorong Artificial Intelegence menjadi bagian penting dalam dunia  kerja saat ini, diantaranya adalah peningkatan pengembangan sumber daya manusia, yakni untuk memberikan pelatihan K3 dalam dunia industri saat ini bisa dilakukan dalama bentuk simulasi Virtual reality sehingga adanya celah kesalahan kerja dalam pelatihan dapat dikurangi, tanpa mengurangi esensi  tujuan dari pelatihan SDM tersebut. Hal ini disampaikan oleh narasumber yang merupakan founder dari PT.Molca Teknologi Nusantara  yakni Bapak  Adzhani Razandistiawan. 

Dari kegiatan ini ada secercah harapan untuk dapat menumumbuhkan mental dan daya juang menjadi technoprenuer muda, dengan berinteraksi dalam KKL dan penandatangan MoU dengan PT molca Nusantara, dimana para entrepreneur muda berbagi tip dan gambaran Virtual reality menjadi sebuah hal yang penting dalam peningkatan SDM dan pelatihan utk dunia industri di 4.0 ini.



Untuk narasumber dari Ajinomoto memaparkan bahwa pengembangan produk harus dapat memanfaatkan moment sehingga peluncuran produk baru mendapatkan pangsa pasar yang sesuai, misalkan saja diproduksinya sajiku berbagai bumbu masakan indonesia diproduksi saat para ibu-ibu muda yang lebih suka instan dibandingkan untuk menghaluskan bumbu secara konvesional. Demikian juga pentingnya pengolahan limbah yang dilakukan di pabrik yakult dan dan pabrik ajinomoto, manjadi bagian penting dalam industri 4.0, dimana diusahakan untuk tercapai Zero Limbah, ataupun limbah yang dibuang ke lingkungan meruopakan limbah yang sudah aman bagi lingkungan.

 Peserta yang berasal dari Mahasiswa semester 5 ini telah melaksanakan kegiatan KKL, Prodi DIII Teknik Komputer di Surabaya - Bali dari tanggal 22 hingga 27 Januari 2024.




Dan gambaran tentang implementasi sistem informasi di bidang transportasi dari Diskominfo kota Surabaya.





Dunia perindustri produksi pun tak lepas dari otomamasi di bidang teknik komputer, maka perusahaan Yakult dan Ajinomoto pun ikut berperan memberikan gambaran dunia industri dj saat ini, dimana pengolahan limbah menjadi sangat penting bagi keselamatan bumi kita dan sustainbilility kehidupan manusia.
Tumbuhkan semangat utk selalu belajar dan tingkatkan kompetensi diri, karena dunia industri butuh maintenance dan upgrade teknologi di saat ini pada hitungan bulan, bukan lagi tahun.....ya ..dunia startup dan industri kebutuhan upgrade teknologi bisa dalam 3 bulan sekali.


Keindahan alam di bumi kita tercinta, juga perlu menjadi perhatian kita bersama, oleh karena itu acara KKL ini juga memberikan gambaran tentang dunia pariwisata di Bali.

link dokumentasi dapat di akses disini





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5