PKM (Pengabdian Masyarakat) Pemanfaatan lahan untuk Hidroponik Berbasis IoT Pada Lapas Brebes

Pengabdian Masyarakat merupakan salah tugas dalam tridarma yang  harus dilalui oleh tiap dosen dalam tiap semesternya. Untuk semester ini, kami tim prodi D3 Teknik Komputer memilih untuk mengbdikan dharma ilmunya kepada warga binaan LAPAS 2B Brebes. Hal ini tercetau saat kunjungan silaturahmi yang dilaksanakan oleh tim PHB ke LAPAS 2b Brebes. 



Saat bertemu dan berkunjung ke LAPAS 2B Brebes dan bertemu dengan kepala LAPAS ddan pengelola LAPAS yang mengharapkan untuk mengadakan kegaitan kolaborasi antara PHB dan LAPAS, yang bertujuan untk meningkatakan keterampilan para warga binaan LAPAS 2B Brebes.

Dari kegiatan ini terciptalah 2 kegiatan PKM yakni oleh prodi D3 TeknikKomputer tentang pemanfaatan lahan sempit dengan penanaman sayuran hidroponik berbasis IoT yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 Mei 2024 dan prodi Eletronika tentang pengetahuan tentang kelistrikan yang dilaskanakan pada tanggal 4 Juni 2024.

Harapan dari kegiatan ini adalah meningkatakn keterampilan para warga binaan dan dapat mempersipakan warga binaan untuk memiliki usaha yang dapat memberikan ketermapilan untuk terjun di masyarakat nantinya.

HAl ini juga dilakukan untuk memberikan kegiatan positif di lingkungan LAPAS sehingga dapae mengurasi kemungkinan gesekan antara warga binaan.

Adapun beberap dokumentasi silakan cek ling berikut:

1. Publikasi media masa silahkan klik disini

2. Gambaran kegiatan melalui uotube silahkan klik disini

3. Video dokumentasi klik disini

4. Foto dokumentasi klik disini

Semangat berbagi tidak pernah lekang dari kehidupan dosen dengan tridahrmanya. 

Teruslah berperan di masyarakat sehingga ilmu kita menjadi ladang amal di hari kelas dan menjadi kebermanfaatan bagi masyarakat luas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5

DUA JAM BERSAMA CIKGU TERE, BUKAN GURU BIASA

TANGAN DINGIN SEORANG GURU MUDA DARI KOTA NANAS