Potret Pendidikan Vokasi di Negara Maju by Philipe Grage

Hari ini hari kedua untuk acara Rakornas Pelita ke-2

Narasumber merupakan tenaga ahli Kemendikbud ristek
jaringan Insinyur di dunia, yakni jaringan sekolah insinyur. Si Perancis , politeknik swasta dan negeri mendapatkan bantuan dari pemerintah.
Jika ingin kerjasama dengan pihak.perancis, yang palingirip dengan politeknik,  seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
Politekbik sama dengan BUT jika di Perancis.
Da 16 jejaring untuk jurusan bidang industri dan 8 bidang jasa. Di Perancis dikumpulkan semua PEnsidikan jasa vokasi. Opini beliau, di Indonesia yang banyak yang memiliki peranan di dunia pendidikan, di Indonesia ada 11 kementrian yang berwenang di bidang vokas
 Karena hal itu terjadi adanya tumpang tindih  kesatuan pendidikan.
di Perancis memikirkan.jejaring seperi gambar diatas, hal ini untuk mencegah tumpang tindih kewenangan sehingga berbagi penelitian dsb.
Salah contoh  yg terjadi di gambar di bawah ini, si Perancis Utara.
Jaringan diatas terdiri dari 17 SMK, mereka mau tak.mau harus bekerjasama dalam penyelenggaraan satuan pendidikan , dimana perusahaan harus berperan juga , karena ini memberikan kontribusi bagi kedua belah pihak.

Proses pembelajaran 2 Minggu di perusahaan dan 2 Minggu di satuan pendidikan. Bisa setelah lulus D3/D4, mendapat kontrak kerja, gaji kurang lebih 60% UM. Dan mendapatkan fasilitas asrama.dan no ilegal working,CFA adalah perusahaan non profit.
Ada salah satu contoh di salah satu bagian di Perancis, spr gambar di bawah ini.
Contoh kerjasama indonesia dengan Perancis, misalnya adanya bantuan mesin untuk proses pembelajaran, ada di Bandung, maka dosen dan mahasiswa dapat belajar disana tanpa dipungut biaya, tentang soal2 teknisi 
ada beberapa kendala, seperti kendala bahasa tetapi akan ada solusinya jika dapat berbahasa Inggris. Kendala kedua adalah pendanaan.
Kolaborwsi kerjasama bisandilakukan riset bersama berskala internasional. Untuk pihak Perancis sangat membuka kesempatan ini . Ini ada pemicu utk program riset, yakni program PHC Nusantara'.
Kerjasama bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti gambar dibawah ini, yakni kerjasama IUT, salah satunya non degree program for improving Lecture'conpetencies ,





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5

DUA JAM BERSAMA CIKGU TERE, BUKAN GURU BIASA

TANGAN DINGIN SEORANG GURU MUDA DARI KOTA NANAS