KUMPULAN OPINI MAHASISWA

 

Tantangan dan Peluang Start up di Era Teknologi: Pentingnya Inovasi dan Adaptasi

Oleh: Ummu Ghaidah Mutmainnah

Lulusan Terbaik tahun 2024 Prodi D3 Teknik Komputer

 

Sudah tidak asing lagi di telinga kita mengenai start up di era perkembangan teknologi yang semakin pesat. Di Indonesia, ekosistem start up telah berkembang pesat hingga banyak menghasilkan perusahaan start up yang tidak hanya berhasil bertahan tetapi juga meraih kesuksesan hingga ke level internasional. Beberapa start up tersebut bahkan mampu berdiri dengan mencapai status unicorn, seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, Ovo, dan Bukalapak.

Akan tetapi, maraknya teknologi yang kian meningkat menghadirkan tantangan tersendiri bagi start up. Persaingan yang ketat, perubahan teknologi yang cepat, dan kondisi perekonomian global yang tak menentu membuat beberapa perusahaan harus menghadapi masa sulit. Dengan adanya kondisi tersebut menjadi alasan banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada para pegawai. Hal ini, menunjukan bahwa meskipun start up memiliki potensi besar, mereka tetap rentan terhadap perubahan lingkungan bisnis yang dinamis.

Untuk menghindari gulung tikar, perusahaan start up perlu proaktif dalam mengikuti perkembangan teknologi dan tren pasar yang selalu berubah. Inovasi yang berkeanjutan, adaptasi cepat terhadap kebutuhan consumer, dan kemampuan untuk memanfaatkan tren serta teknologi terbaru menjadi kunci untuk tetap relevan dan kompeten. Dengan terus berinovasi dan mengikuti arus perkembangan, start up tidak hanya dapat bertahan, tetapi juga terus tumbuh di tengah persaingan global yang semakin kompleks.

September 2024


Opini saya terkait MBKM

FAHMI AMIRUDIN

22040014

Mahasiswa IPK Tertinggi di TA 2023/2024 smt genap


Menurut saya, MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) adalah program yang sangat bermanfaat untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja. Program ini memberikan kesempatan untuk belajar secara praktis dengan terlibat langsung dalam proyek-proyek nyata. Dalam MBKM, kita diajarkan untuk bekerja dalam tim, mengembangkan kemampuan problem solving, serta menerapkan teknologi modern yang relevan di dunia industri. Pengalaman ini tidak hanya meningkatkan kompetensi teknis, tetapi juga membentuk karakter profesional yang siap menghadapi tantangan karier. Dengan pendekatan ini, MBKM benar-benar membantu menjembatani kesenjangan antara teori di kampus dan kebutuhan dunia kerja.

Saya talah mengikuti MKB batch 6 di mitra PT Kinema Systrans Multimedia dengan hasil capstone project Laporan Akhir Studi Independent UI/UX Web Development



PERJALANAN SAYA MEMAHAMI INTERNET OF THINGS DI INDOBOT ACADEMY MELALUI PROGRAM MSIB

Rudi Heryansyah Rohdiana Mahasiswa Program Studi Teknik Komputer, Politeknik Harapan Bersama

Perjalanan Saya Memahami Internet of Things di Indobot Academy melalui Program MSIB

Dalam era digital yang berkembang pesat, teknologi Internet of Things (IoT) menjadi salah satu bidang yang menawarkan banyak peluang. IoT adalah konsep di mana perangkat fisik terhubung ke internet, memungkinkan komunikasi antar-perangkat dan manusia dengan lebih cerdas dan efisien. Sebagai seorang yang tertarik pada teknologi, saya merasa beruntung mendapatkan kesempatan untuk memperdalam pemahaman saya tentang IoT melalui program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di Indobot Academy.

Mengapa IoT?

Ketertarikan saya pada IoT berawal dari keinginan untuk memahami bagaimana teknologi dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Dari sensor yang mengukur suhu hingga perangkat pintar yang mengendalikan pencahayaan rumah, IoT menjanjikan masa depan yang lebih efisien dan terintegrasi. Sebagai lulusan dari jurusan Teknik Komputer, pemahaman tentang bagaimana perangkat elektronik bekerja sudah ada, namun IoT membawa perspektif yang benar-benar baru, terutama dari segi konektivitas dan otomatisasi.

Pengalaman di Indobot Academy

Indobot Academy adalah tempat yang tepat untuk mempelajari lebih dalam tentang IoT. Dalam program ini, saya tidak hanya belajar secara teori, tetapi juga langsung terlibat dalam berbagai proyek praktis yang menantang. Setiap modul dirancang dengan hati-hati agar peserta dapat memahami komponen-komponen penting dalam IoT, seperti sensor, mikroprosesor, komunikasi data, dan integrasi sistem. Salah satu proyek yang paling menarik adalah ketika kami diminta untuk membuat sistem monitoring berbasis IoT menggunakan sensor yang terhubung ke cloud. Proyek ini mengajarkan saya data dapat dikumpulkan secara real-time dan dianalisis untuk membuat keputusan yang lebih baik, sesuatu yang sangat relevan di dunia industri saat ini.

Keterampilan yang Diperoleh

Selama program MSIB ini, saya mendapatkan banyak keterampilan baru yang relevan untuk pengembangan IoT. Di antaranya adalah pemahaman tentang penggunaan Arduino, platform populer yang digunakan untuk mengendalikan berbagai sensor dan perangkat IoT. Saya juga belajar memanfaatkan Firebase, yang digunakan untuk penyimpanan dan pengelolaan data berbasis cloud, serta Blynk, sebuah platform IoT yang memungkinkan pengendalian perangkat dari jarak jauh melalui aplikasi smartphone.

Tak hanya itu, saya juga mempelajari MIT App Inventor, sebuah alat yang memungkinkan saya merancang aplikasi mobile untuk mengendalikan perangkat IoT secara sederhana. Dengan kombinasi keterampilan ini, saya mampu merancang sistem IoT yang terhubung dan dikendalikan secara real-time, memberikan saya pemahaman yang komprehensif tentang ekosistem IoT.

Dampak dan Manfaat

Belajar di Indobot Academy melalui program MSIB telah memberikan dampak besar dalam pengembangan karier saya. Pengetahuan tentang IoT membuka berbagai peluang di dunia kerja, terutama di bidang otomasi, smart cities, dan pengembangan perangkat pintar. Dengan keterampilan yang saya peroleh, saya merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan di industri yang terus berkembang ini.

Lebih dari sekadar teori, pengalaman di lapangan memberikan pemahaman nyata tentang bagaimana teknologi ini dapat diterapkan untuk memecahkan masalah dunia nyata. Saya yakin pengalaman ini akan menjadi fondasi yang kuat bagi perjalanan karier saya ke depan, terutama dalam bidang teknologi dan inovasi.

Penutup

Mengikuti program MSIB di Indobot Academy untuk mempelajari IoT adalah keputusan yang tepat bagi siapa pun yang tertarik dengan teknologi masa depan. Dengan pendekatan pembelajaran yang komprehensif dan peluang untuk berlatih secara langsung, saya merasa telah mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana IoT dapat mengubah dunia. Ini adalah awal perjalanan saya untuk terus berkembang dan berkontribusi dalam dunia teknologi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

DUA JAM BERSAMA CIKGU TERE, BUKAN GURU BIASA

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5

TANGAN DINGIN SEORANG GURU MUDA DARI KOTA NANAS