Ikhtiar Menembus Penerbit Mayor

Assalamualaikum.Wr.Wb 

Sempet Terlena Oleh Kesibukan Amanah Baru

Malam telah larut, jam menunjukkan pukul 10.00 malam. Sudah sejak awal tahun 2021, saya ikut kecannduan menonton Sinetron Ikatan Cinta di RCTI bersama barisan emak-emak pecinta sinetron. Menurut saya akting para pemainnya memang bagus, walau pun jalan cerita masih seperti sinteron-sinetron pada umumnya.

Malam ini tepat saya tidak menulis apapun di Blog ini, kebetulan di akhir tahun 2020 yang lalu, saya mendapat amanah baru di Kampus tercinta, yakni mendapat amanah untuk menjabat koordinator akademik di Prodi D3 Teknik Komputer. Sebbelumnya saya menjadi penjamin gugus mutu prodi yang mugkin sudah sangat familiar dengan job deskripsinya, tetapi dengan amanah baru ini, saya harus belajar lagi karena memang walau sama-sama koordinator tetapi saya belum pernah terjun di dalamnya. Walau pun job deskripsinya saya sudah  mengetahui sebelumnya, tetapi prakteknya belum pernah saya jalani, maka proses belajar inilah yang sedang saya jalani selama 2 bulan di awal tahun.

Hal ini sempet melenakan saya, saya per 16 Januuari 2021 tidak menulis di blog tercinta ini. Tetapi bukannya tidak produktif menulis, saya tetap menulis buku baik Antologi atau buku solo.

Beberapa buku yang sedang dalam proses penerbitan antara lain:

  1. Buku Antologi Bersama Dosen-dosen dengan Penerbit NEM
  2. Buku Solo hasil kelas menulis dengan guru-guru KSGN gelombang 16 bersama Om Jay
  3. Buku Solo hasil penelitian selama 3 tahun dengan penerbit INDI

Inilah cover dari buku antologi bersama PT.NEM, salah satu penerbit Anggota IKAPI. Inilah biasanya penerbit yang disyaratkan untuk di dunia Perguruan Tinggi. Ini merupakan buku antologi ketiga, sebelumnya buku antologi ke-1 dan ke-2 adalah menulis bersama bu Kanjeng dengan penerbit OASE, Jawa Timur.

Ini sertifikat dari PT.NEM kepada penulis yang telah share panflet program PT.NEM ke 3 grup dosen atau grup lain. Saya share ke 3 grup dosen di lingkungan Politenik Harapan Bersama(PHB). Hal ini untuk memberikan virus literasi di lingkungan PHB Tegal.

Inilah cover untuk buku solo hasil menulis di kelas menulis bersama Om Jay, ini sebagai buku hasil pembelajaran saya selama masa pandemi ini. Saya beljar menulis sejak bulan Oktober 2020, dan Pertengahan bulan Januari 2021, draft buku saya ajukan ke penerbit Indi, yakni melalui Pak Brian, yang merupakan salah satu mentor di Kelas Menulis Bersama Om Jay. Dan buku ini telah mendapat ISBN tetapi sedang proses naik cetak dengan jumlah halaman hingga 170 lebar.



Inilah buku hasil penelitian, dan ini juga berkat bimbingan Cak Inin dan Bu Noraliya di pelatihan menulis buku dari hasil penelitian. Buku ini sedang proses pengajuan di PT.NEM untuk didaftarkan ISBN dan edit cover dan naik cetak. Semoga bulan Februari 2021 ini bisa terbit.

Bangkit Lagi, Meraih Mimpi Menembus Penerbit  Mayor

Malam ini, saya seperti biasanya, yakni ikut membaca semua materi di kelas bersama Om Jay. Kuintip sedikit, wah....ada Prof.Eko di Kelas menulis gelombang 17. Kekangenan saya ke Prof. Eko terobati. Beliau motivator buat saya. Beliau adalah salah satu sosok panutan di dunia pendidikan buat saya.

Banyak sudah webinar di Ekoji Channel menjadi sumber belajr saya, termasuk menjadi dataset pada penelitian saya di semester ganjil ini dengan judul "Pemanfaatan Big Data untuk Klasifikasi Engagement Tenaga Pendidik Terhadap Keikutsertaan Webinar di Masa Pandemi". Alhamdulillah penelitian ini sudah selesai dengan mengajak 6 mahasiswa saya di semester 5.

Saya belum komunikasi dengan Prof.Eko untuk penelitian ini, dan malam ini menyimak beliau mengisi materi di gelombang menulis ke-17

Senang sekali rasanya.

Kembali Istiqomah Menulis "15 Minutes For Blog To Become A Book"

Saya mengikuti link youtube yang disarankan Prof.Eko sebagai pengantar tidur saya malam ini. 

Linknya adalah klik di sini
(Seminar 37) Narasumber Penerbit ANDI Yogyakarta: "Mencari Judul dan Tema Penulisan"

Menonton youtube ini menjadi penyemangat baru buat saya. Saya bermimpi bisa menerbitkan buku bersama Penerbit Mayor. Sehingga saya mencoba program lagi untuk ikut kelas menulis bersama Prof.Eko dengan menuliskan tabel of Content untuk tema yang saya sedang bidik. 
Tema yang saya lirik salah satunya adalah pengalaman saya selama diminta menjadi audit mutu internal di lingkungan PHB, dan coba saya tuliskan di blog saya https://idaafriharahap.blogspot.com/2021/01/from-webinar-prof-eko-to-become-book.html
Dengan TOC adalah sebagai berikut :

MOTTO

DAFTAR ISI

PRAKATA

BAB I Mengenal Arti Audit

BAB II Jenis-jenis Audit

BAB III IT Audit

BAB IV  Rapat Hasil Audit

BAB V Peningkatan Mutu

Tema berikutnya yang saya pilih adalah mata kuliah yang akan saya ampu di semester genap ini yakni Big Data. Dan saya lihat di Google trend juga masih bagus sekali.

Dengan TOC adalah sebagai berikut :

MOTTO

DAFTAR ISI

PRAKATA

BAB I Perkembangan Teknologi Informasi di Era Milenial

BAB II Karakteristik Big Data

BAB III Pemanfaatan Big Data

BAB IV  Perkembangaan Big Data

BAB V Implementasi Big Data

  1. Implementasi Big Data di bidang Data Mining
  2. Implementasi Big Data di bidang Text Mining        

BAB VI Review Penelitian Big Data 

Beberapa Literarture Review untuk Big Data adalah:

  1. E-Book, diantaranya adalah Judul buku "Tekmologi big Data" yang ditulis Oleh Wayan M.Wijaya di laman https://play.google.com/books/reader?id=nn25BwAAQBAJ&hl=id&pg=GBS.PR7.w.5.0.17; Big  Data Analisis oleh Imam Cholissodin Dosen Pengampu MK Analisis Big Data FILKOM UB tahun 2018; Big Data for Dummies; dan buku saku Big Data yang diterbtikan oleh Kominfo di laman https://www.academia.edu/21756425/BIG_DATA.
  2. Jurnal Penelitian
  3. Workshop atau Pelatihan
  4. Webinar Youtube, di laman youtube ekoji channel yakni di laman Big Data oleh Prof. Eko Indrajit, Pengantar Big Data di laman pengantar Big Data , Data Science And Busiiness DigitalData Science And Business Digital

.


Bismillah, semoga ini mengarahkan kembali untuk saya tetap istiqomah di dunia literasi dan saya bisa meraih mimpi menuju penerbit Mayor.

Salam Literasi

Wassalam



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAHLAWAN LITERASI DI ERA MILENIAL DARI SMP TARUNA BAKTI

Part 5: Eksplorasi Kampus TAFE di Quensland ,Australia: Perjalanan Belajar Singkat di Negara Kanguru

Tetap Eksist di dunia Literasi Bersama EBAS 5